in

10 Hal yang Dilarang Saat Kamu Berada di Dalam Pesawat Terbang

jangan lakukan ini di dalam pesawat ya! jadilah penumpang yang tertib

dalam pesawat
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Pesawat terbang merupakan moda transportasi yang mulanya dianggap mustahil bisa diciptakan. Kini, pesawat terbang menjadi pilihan yang dapat membantu manusia untuk berpindah tempat yang cukup jauh. Sebab, pesawat terbang mampu memangkas waktu perjalanan menjadi lebih singkat. Namun, bagi kamu yang baru akan naik pertama kali, kamu harus tahu ada hal-hal yang dilarang saat kamu berada di dalam pesawat terbang.

Sebelum pesawat melakukan perjalanannya, biasanya ada pramugari yang menjelaskan panduan keselamatan penumpang. Kamu harus memerhatikannya dengan baik agar mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di dalam pesawat. Seperti yang baru saja terjadi, ada penumpang dari Wings Air yang terpaksa kena sanksi karena membuka jendela pada saat pesawat akan terbang, bukan pada saat keadaan darurat.

Menyalakan ponsel

dalam pesawat
foto: unsplash

Sinyal yang keluar dari ponsel bisa mengganggu komunikasi radio dan sistem navigasi pesawat terbang pada saat take off  dan landing. Meskipun kamu ingin meng-upload foto sedang berada di dalam pesawat, sebaiknya ditunda dulu hingga kamu berada di bandara.

Tidak menggunakan sabuk pengaman

dalam pesawat terbang
foto: unsplash

Sabuk pengaman diciptakan untuk melindungi kamu dari kemungkinan kecelakaan yang bisa ditimbulkan dari goncangan yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Dengan begitu, kamu bisa tetap bertahan dalam bangku.

Jangan bercanda tentang bom

Jika kamu senang bercanda, usahakan jangan bercanda yang menimbulkan ketakutan seperti bergurau tentang bom di dalam pesawat terbang atau di bandara. Kalau kamu masih nakal dan tetap bercanda perihal bom di dalam pesawat ataupun bandara, siap-siap kena sanksi yang tegas dari pihak berwajib, ya!

Mengabaikan pramugari saat menjelaskan keselamatan

Salah satu tugas pramugari adalah menjelaskan panduan keselamatan untuk para penumpang sebelum pesawat melakukan perjalanan. Kamu harus memerhatikannya dengan baik, agar tahu apa yang harus dilakukan pada saat keadaan darurat, terutama bagi kamu yang duduk di dekat pintu emergency.

Jangan bawa makanan beraroma tajam

Sirkulasi dalam kabin pesawat sangat terbatas. Jika kamu membawa makanan beraroma tajam, seperti durian, akan menyebar dan seluruh penumpang bisa mencium aromanya. Hal tersebut dapat mengganggu mereka yang tidak menyukai aroma durian.

Gunakan bagasi milik sendiri

Jangan letakkan barang kamu dalam bagasi orang lain karena bisa menyusahkan orang tersebut. Setiap kursi penumpang, sudah diatur penempatan bagasi di kabin. Mintalah bantuan kepada pramugari yang bertugas untuk mengatur barang bawaanmu di kabin.

Bawa barang sesuai dengan berat yang dianjurkan

dalam pesawat
foto: pixabay

Kadang, ada beberapa penumpang yang bandel karena membawa barang yang muatannya lebih besar dari muatan yang dianjurkan dan lolos dari pemeriksaan. Sebenarnya, hal tersebut dapat membahayakan penumpang lain. Sebab, jika terjatuh dari bagasi kabin, dapat menimpa seseorang yang berada di bawahnya.

Jangan pindah tempat sembarangan

Saat kamu ingin pindah tempat ke kursi kosong, tanyakan terlebih dahulu kepada pramugari apakah kamu bisa pindah atau tidak, jangan asal pindah. Terlebih lagi, kamu pindah ke tempat orang lain.

Jangan bertindak asusila

Perbuatan dan perbincangan asusila dalam pesawat bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain dalam pesawat. Sebaiknya lakukan aktivitas normal yang tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

Jangan merebahkan kursi saat makan

Saat kamu makan, usahakan menegakkan kursi karena orang yang di belakang kamu memerlukan meja yang terpaut di belakang kursi kamu.

 

try out masukkampus

Try Out MasukKampus Sudah Tiba di Kota Jember untuk Menyapa Ribuan Peserta

kopi cold brew

Tips dan Trik Menyeduh Kopi Cold Brew dengan Alat Sederhana