in ,

10 Hal yang Tidak Disadari Malah Membuang Waktu Kamu

jangan buak waktu, ayo gunakan dengan baik!

membuang waktu
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Waktu lebih berharga dari emas, karena tidak bisa diulang, dipercepat, diatur, dan dibeli. Oleh karena itu, banyak orangtua yang memberi nasihat jangan membuang waktu. Jika sudah terlewat, kamu tidak bisa memintanya kembali. Gunakan waktu sebaik mungkin dan beberapa hal yang sebenarnya tidak berguna, malah membuang waktu yang seharusnya bisa kamu gunakan dengan baik.

Hanya mengeluh

Pada dasarnya mengeluh itu diperbolehkan. Sebab, mengeluh merupakan bentuk dari energi negatif yang sedang dirasakan oleh manusia. Namun, jika frekuensi mengeluh lebih besar dari usaha apakah baik, tentu tidak. Sesekali merasakan energi lelah boleh, namun membesarkannya tidak diperbolehkan. Dengan terus membesarkan rasa ngeluh tanpa melakukan usaha, kamu tidak akan keluar dari zona tersebut.

Jadi, balik ke diri kamu. Mau terus mengeluh atau beranjak berusaha memperbaiki segalanya.

Memikirkan apa kata orang

Mungkin sebagian kata orang bisa menjadi masukan untuk membangun diri kamu. Namun, apakah penting mendengarkan seluruh kata orang, bisa jadi tidak. Apalagi, kata-kata orang yang mengandung unsur negatif. Selama kamu sudah melakukan hal positif yang tidak merugikan orang lain, kamu bisa mengabaikan kalimat negatif dari orang-orang.

Larut dalam penyesalan

Penyesalan yang selalu datang belakangan setelah manusia melakukan kesalahan. Manusia tidak akan luput dari kesalahan. Dan, kesalahan lebih baik dijadikan pelajaran dibanding penyesalan. Dengan terus menyesal, kamu tidak dapat memaknai kesalahan tersebut. Dengan menyesal pula, kamu pasti merasa bodoh dan menyalahkan diri sendiri terus. Oleh karena itu, jadikan kesalahan pelajaran dibandingkan penyesalan.

Terjebak di masa lalu

Seseorang yang terjebak memori indah di masa lalu tidak akan bersemangat menjalani hari-harinya dan selalu menginginkan kembali pada masa itu. Padahal, kamu tidak akan bisa memutarbalikkan waktu. Daripada dirundung sedih memikirkan masa lalu, mending jalan bergerak maju. Kamu tidak akan pernah mendapatkan kejutan lain dalam hidup jika tidak berjalan maju.

Menunggu inspirasi atau menunggu sesuatu

Terkadang inilah jebakan yang tidak disadari, yaitu menunggu. Memang rezeki sudah diatur oleh takdir, namun jika hanya menunggu tanpa berusaha sama saja bohong. Daripada menunggu inspirasi datang, mengapa kamu tidak sambil mencarinya.

Takut gagal

Takut gagal adalah benteng terbesar yang akan menghalangi langkahmu untuk maju. Gagal hanya perlu untuk diantisipasi sehingga kamu tahu bagaimana cara melangkah yang tepat.

 

 

toxic positivity

Hindari Toxic Positivity Saat Kamu Jadi Pendengar

Try Out MasukKampus

MasukKampus Sambangi Kota Padang dengan Meriah