in

10 Jajanan Legendaris dari Aci, Wajib Cobain!

jajanan legendari dari aci yang wajib banget kamu cobain. Kira-kira, jajanan mana yang udah pernah kamu coba?

Jajanan dari aci
Foto: instagram jogjakakilima

Ngobrolin.idJajanan dari aci bisa dengan mudah kita temui. Rasanya yang nikmat dan harganya yang murah bikin anak-anak sampai orang dewasa menggemarinya. Jenisnya pun beragam. Ngobrolin.id punya 10 jajanan legendari dari aci yang wajib banget kamu cobain. Kira-kira, jajanan mana yang udah pernah kamu coba?

Cilok

Siapa tidak kenal dengan jajanan yang satu ini? Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih bikin nagih. Saus kacang, kecap, dan sambal bikin cilok jadi idola penggemar makanan aci. Cilok dibuat dari aci yang dibulatkan, kemudian dikukus atau direbus hingga matang. Kata cilok sendiri berasal dari bahasa Sunda, yaitu aci dicolok.

Batagor

Sama-sama menggunakan saus dari kacang, makanan yang satu ini juga nggak kalah juara. Sering kali, di atas batagor juga diberi tambahan potongan timun agar lebih segar.

Batagor merupakan kepanjangan dari bakso dan tahu goreng. Alih-alih seperti bakso kuah, bakso yang dimaksud adalah campuran aci yang terdapat dalam pangsit dan tahu goreng.

Cireng

Dari namanya saja sudah bisa diperkirakan cireng berkerabat dengan cilok, cimol, dan ci- yang lain, kan? Cireng berasal dari kata aci digoreng. Memang dalam pembuatan cireng, adonan aci digoreng hingga matang.

Cireng biasanya memilki isian ayam pedas, abon, atau kornet. Tapi, tak jarang yang menjual cireng tanpa isi. Cireng disajikan dengan saus kental pedas berwarna hitam yang dinamakan rujak cireng.

Seblak

Cara pembuatan seblak adalah dengan merebus kerupuk aci dalam campuran air dan bumbu rempah. Rasa pedasnya yang nendang bikin seblak banyak dicari konsumen. Belum lagi tambahan seperti ceker, tulang, bakso, sampai mie bikin seblak makin diminati.

Cimol

Cimol dibuat dengan cara digemol atau dibentuk jadi bulatan-bulatan, seperti namanya. Hampir mirip dengan cilok, hanya saja cimol dimasak dengan cara digoreng. Cireng biasa dijual dengan tambahan bumbu bubuk berupa garam, bumbu balado, atau rasa lainnya.

Siomay

Siomay masih berkerabat dekat dengan batagor. Keduanya sama-sama menggunakan saus kacang sebagai bumbu. Pembeda dua makanan ini adalah batagor digoreng, sedangkan siomay dikukus.

Tidak hanya aci, daging ikan ditambahkan pada pembuatannya. Siomay juga biasa disajikan dengan berbagai jenis sayuran seperti kol, kentang, dan pare serta tahu dan telur. Wah, menu yang sehat, ya!

Cilung

Cilung dibuat dengan cara menggulung adonan aci yang dipanaskan pada minyak. Menggulungnya pun menggunakan bilah bambu berukuran kecil. Cilung biasa diberi taburan bubuk cabai dan garam agar rasanya lebih nikmat.

Bakso aci

Bakso umumnya terbuat dari daging sapi atau ayam. Tapi, bakso aci hanya menggunakan bahan-bahan yang sangat sederhana. Jangan salah, rasanya nggak kalah, lho! Kuah kaldunya mantap, bakal bikin kamu nagih, lho!

Cilor

Cilor atau aci telor (telur) terbuat dari potongan aci yang dimasak di atas telur dadar. Jajanan yang satu ini bisa dengan mudah kamu temui di depan sekolah-sekolah. Rasanya yang gurih, tekstur kenyal, dan yang pasti murah meriah jadi kegemaran anak-anak. Biasanya, cilor ditambahkan bubuk aneka rasa untuk menambah cita rasa.

Cibay

Tidak sepopuler yang lain, tapi cibay tak kalah nikmat, lho. Makanan ini dibuat dari kulit lumpia yang diisi ayam dan aci. Cibay sendiri merupakan singkatan dari aci ngarabay, tapi seringkali diplesetkan menjadi aci ngambay. Jajanan ini cukup terkenal di tanah Sunda, lho!

 

Penyakit vitiligo

Vitiligo, Penyakit Kulit Belang yang Tak Menular

varian topping boba

Varian Topping Boba Mana yang Kamu Suka?