in ,

10 Kuliner Khas Kalimantan Timur yang Bikin Tergiur

Ke Kaltim harus nyobain makanan-makanan ini

kuliner khas Kalimantan Timur
Foto: shareresep

Ngobrolin.id — Suka wisata kuliner? Sederet kuliner khas Kalimantan Timur ini harus masuk dalam daftar menu makananmu berikutnya, ya. Hidangan provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini sangat layak untuk kamu coba karena rasanya yang menggoda. Apa saja?

Pisang gapit

kuliner khas Kalimantan Timur
Foto: instagram ariefzhulfawar

Nama pisang gapit diambil dari bahasa Banjar dan Kutai, ‘gapit’ yang berarti jepit. Seperti namanya, pisang gapit diolah dengan digapit dan dipencet hingga bentuknya pipih. Penyajiannya dilengkapi dengan saus pilihan pembeli.

Ayam cincane

kuliner khas Kalimantan Timur
Foto: instagram kitaina.id

Ayam cincane menggunakan bumbu merah dalam pengolahannya. Rasa lengkuas, jahe, dan kemiri membuat olahan ayam khas Kaltim ini kaya akan rempah. Tekstur daging ayam cincane lembut dan gurih. Dulu, ayam cincane hanya disajikan dalam acara adat khusus.

Nasi bekepor

kuliner khas Kalimantan Timur
Foto: food_choice2016

Hidangan ini berupa nasi putih yang disajikan bersama ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur. Nasi bekepor juga dimakan bersama sayur gangan asam kukar, yakni sayur asem dengan ikan dan ubi manis khas Kaltim.

Sate payau

kuliner khas Kalimantan Timur
Foto: instagram sigitwd

Terbuat dari daging rusa, sate payau harus masuk ke daftar menu wisata kulinermu, ya. Sayangnya, sate ini hanya bisa kamu temui saat acara adat diselenggarakan.

Amplang

kuliner khas Kalimantan Timur
Foto: instagram renakemplangpipih

Keunikan camilan yang satu ini terletak pada bentuknya yang mirip dengan kuku macan. Jangan khawatir, amplang sama sekali tidak terbuat dari hewan buas. Makanan ini terbuat dari ikan dan kerap dijadikan oleh-oleh khas Kaltim.

Gence ruan

Terkenal dengan tangkapan lautnya, menu yang satu ini berbahan dasar ikan laut. Arti nama ‘gence’ sendiri adalah bumbu yang digunakan, sedangkan ‘ruan’ berarti ikan haruan atau ikan gabus. Gence ruan dimasak dengan dibakar dengan bumbu tumis, kemudian dilumuri dengan sambal goreng. Rasa makanan yang satu ini cenderung pedas manis lezat.

Bubur pedas

kuliner khas Kalimantan Timur
Foto: instagram sufun.94

Kuliner khas Kalimantan Timur yang satu ini hampir mirip dengan bubur kebanyakan. Hanya saja, penyajiannya berbeda. Alih-alih menggunakan irisan ayam, bubur pedas disajikan dengan ikan teri dan kacang goreng. Bubur ini juga dimasak dengan banyak rempah.

Sayur asam kutai

Sayur asam kutai menggunakan ikan gabus sebagai salah satu bahan baku. Berbeda dengan menu sayur asam di daerah lain yang menggunakan daging atau ikan asin. Sayur ini biasa dinikmati dengan potongan talas, kangkung, dan jantung pisang batu.

Gagan manok

Bulatan berwarna putih ini memang bakso. Uniknya  gagan manok dibuat bukan dari daging sapi seperti bakso kebanyakan. Menu ini dibuat dengan daging ayam dan disajikan dengan kuah kaldu dan sayuran lain.

Kue gegicak

kuliner khas Kalimantan Timur
Foto: shareresep

Memiliki bentuk yang unik, tekstur gegicak kenyal dan lembut karena terbuat dari tepung beras ketan putih. Warnanya yang hijau didapatkan dari daun pandan. Kue ini disajikan dengan tambahan kelapa parut dan saus gula merah.

sejarah ibu kota provinsi di Kalimantan

Mengintip Sejarah 5 Ibu Kota Provinsi di Kalimantan

WhatsApp dan Instagram

Ganti Nama, Bagaimana Kabar WhatsApp dan Instagram?