in

10 Menu Pendamping Ketupat Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

Lebih suka opor ayam atau rendang?

menu pendamping ketupat
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sudah jadi rahasia umum bila ketupat jadi salah satu menu istimewa saat Lebaran tiba. Penganan yang terbuat dari beras yang dikukus dalam anyaman daun kelapa itu pun jadi pengganti nasi. Ada banyak jenis menu pendamping ketupat, mana yang paling kamu suka?

Opor ayam

menu pendamping ketupat
Foto: pixabay

Bisa dibilang, opor ayam adalah menu paling klasik dalam penyajian ketupat saat Lebaran. Tekstur ketupat yang lebih keras dari nasi sangat cocok dipadukan kuah santan yang gurih. Belum lagi taburan bawang goreng, bikin langsung lupa momen deh.

Rendang

menu pendamping ketupat
Foto: freepik

Makanan khas Minang ini juga nggak kalah menggoda. Daging rendang yang dimasak lama hingga seluruh bumbunya meresap ke dalam daging, bikin menu Lebaran jadi lebih nikmat.

Semur

menu pendamping ketupat
Foto: instagram jejen9097

Tak hanya diolah jadi rendang, daging sapi juga biasa disemur sebagai menu pendamping ketupat saat Lebaran. Selain semur daging, saat Lebaran juga biasa disajikan semur telur dan semur jengkol.

Gudeg

menu pendamping ketupat
Foto: instagram viraljogja

Makanan ini tidak bisa lepas dari tradisi lebaran, terutama di daerah Yogyakarta dan beberapa bagian di Jawa Tengah. Olahan nangka dengan bumbu yang manis legit bikin ketupat jadi semakin sedap.

Sambal goreng

menu pendamping ketupat
Foto: instagram ika sri sulastri catring

Tidak suka makanan manis atau bersantan? Sambal goreng jawabannya. Sambal goreng yang biasa dibuat saat Lebaran sebagai menu pendamping ketupat adalah sambal goreng ati, sambal goreng kentang, atau sambal goreng bola-bola daging.

Rawon

menu pendamping ketupat
Foto: instagram anasepthy

Menu khas Jawa Timur ini juga cocok dipadankan dengan ketupat. Rawon yang gurih dan rasa bumbu kluwek yang khas bikin pengen nambah lagi. Belum lagi jika ditambah telur asin, tauge segar, kerupuk udang, dan sambal tomat.

Soto

menu pendamping ketupat
Foto: freepik

Meskipun lebih sering disajikan dengan nasi, soto nggak kalah menarik lho untuk diduetkan dengan ketupat. Kuah soto yang segar bikin santapan lebaran jadi terasa lebih ringan.

Tongseng

Olahan daging yang satu ini emang selalu bisa dipartnerkan dengan sumber karbohidrat apa pun, termasuk ketupat. Baik tongseng daging sapi, kambing, maupun ayam bisa disajikan saat Lebaran sebagai menu pendamping ketupat.

Sayur labu

Jika kamu sedang tidak ingin makanan yang berbahan dasar daging, sayur labu adalah salah satu solusinya. Santan yang kental dengan rempah dan irisan labu pas banget sebagai padanan ketupat. Sayur labu juga bisa ditambah kacang panjang atau buncis. Jangan lupa tambahkan kerupuk dan bawang goreng sebagai penambah selera, ya!

Gulai kambing

Suka dengan olahan kambing? Sudah saatnya kamu memilih menjodohkan ketupat dengan gulai kambing yang super nikmat. Perpaduan bumbu rempah, santan, dan daging kambing dengan tekstur yang pas bikin ketupat jadi semakin lezat.

olahan ketupat khas daerah

Tak Hanya Lebaran, Berikut Olahan Ketupat Khas Daerah

fotografer Indonesia kelas dunia

Yuk, Kenalan dengan Fotografer Indonesia Kelas Dunia