in ,

10 Oleh-oleh Khas Yogya yang Nggak Boleh Terlupa

Jalan-jalan ke jogja harus bawa buah tangan ini

oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram ransakamoto

Ngobrolin.id — Berlibur ke kota gudeg rasanyata tak lengkap tanpa membawa oleh-oleh khas Yogya. Berkeliling Taman Sari hingga mengunjungi Pantai Parangtritis, kamu akan menemukan banyak penganan unik untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Bakpia

oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram jogjabikinlaper

Ke Yogya kurang lengkap tanpa membeli bakpia. Makanan ringan yang satu ini berbentuk bulat pipih dengan berbagai isian. Varian original dari bakpia berisi kacang hijau kupas. Namun kini, kamu bisa menjumpai bakpia berisi keju, cokelat, green tea, kacang merah, dan banyak lagi. Di Yogya, kamu bisa menemukan bakpia dengan berbagai merek dan harga.

Yangko

oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram dapursikoko

Terbuat dari tepung ketan, yangko berbentuk kotak pipih beraneka warna. Yangko biasa dijual berdekatan dengan bakpia. Varian yangko juga beragam. Mulai dari tanpa isi hingga diisi dengan cincangan kacang dan gula.

Geplak

oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram receh_tapi_makan

Jika kamu bosan dengan bakpia atau yangko, mungkin kamu bisa mencoba membawa oleh-oleh khas Yogya berupa geplak. Camilan ini terbuat dari kelapa dan gula yang dimasak hingga bisa dibentuk gumpalan kecil. Sama seperti yangko, geplak memiliki rasa dominan manis dan berwarna-warni.

Gudeg

oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram ransakamoto

Gudeg krecek biasa disajikan dengan berbagai tambahan lauk seperti tempe bacem, telur bacem, dan ayam bacem. Makanan ini biasa disantap oleh pelancong karena merupakan hidangan khas Yogya. Kini, sudah tersedia gudeg kaleng yang lebih awet dan tahan lama. Kalau kota tujuanmu berikutnya dekat dengan Yogya, kamu bisa membawa gudeg kering sebagai oleh-oleh yang bisa tahan hingga 3 hari.

Cokelat Monggo

oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram cokelatmonggo

Cokelat yang satu ini terkenal karena memiliki aneka rasa yang tak biasa. Kamu bisa menemukan cokelat rasa jahe, cabai, hingga rasa unik lainnya. Pabrik cokelat Monggo terletak di Kota Gede, Yogyakarta.

Salak pondoh

oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram jualsalak.id

Ingin membawakan oleh-oleh berupa buah? Salak pondoh bisa jadi solusi. Salak pondoh merupakan salah satu varietas salak yang banyak dibudidayakan di lereng Gunung Merapi. Rasanya manis dan bentuk buah yang besar membuat salak pondoh ramai peminat.

Tiwul

oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram tina_agustina_tina

Khas Gunungkidul, olahan dari singkong ini kini banyak dijadikan buah tangan. Tiwul biasa disantap dengan gatot dan diberi taburan kelapa parut. Tiwul juga bisa disantap sebagai makanan asin dengan tambahan sambal bawang dan sayur lombok ijo. Oleh-oleh tiwul biasanya banyak dicangking oleh pelancong yang berlibur ke Gunungkidul.

Jadah tempe

oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram jogjaculinary

Jadah adalah makanan yang terbuat dari ketan dan kelapa. Makanan ini disajikan dengan tempe bacem. Keduanya adalah oleh-oleh khas Yogya yang pas untuk kamu bawa pulang. Perpaduan rasa gurih jadah dan manis tempe bacem juara banget!

Belalang goreng

oleh-oleh khas Yogya
Foto: lightpict

Kembali lagi ke Gunungkidul, kamu bisa menjumpai belalang goreng dijajakan sebagai oleh-oleh. Iya, belalang yang itu. Unik, ya?!

Keripik belut

oleh-oleh khas Yogya
Foto: instagram nindriany17

Keripik belut bisa jadi bingkisan yang kamu bawa kembali ke kotamu. Keripik belut ada yang dijual per kilo, ada juga yang sudah dikemas. Ukuran belutnya pun beragam, tergantung selera dan harga.

 

tips menghentikan dengkuran

Tips Menghentikan Dengkuran Saat Tidur

olahraga secara berlebihan

Jangan Berlebihan, Ini Dampak Olahraga yang Terlalu Keras