in

15 Macam Pasta, Bentuknya Unik Lho

Macam pasta
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Pasta memang tidak hanya satu jenis. Ada bermacam-macam pasta yang ternyata tidak banyak diketahui. Makanan asal Italia ini merupakan olahan gandum yang sudah diproses sedemikian rupa sehingga untuk mengonsumsinya hanya perlu merebus dan dimasak dengan saus tertentu. Terdapat sekitar 15 macam pasta yang bentuknya unik. Yuk, simak info berikut!

Spageti

Spageti adalah pasta yang paling umum dijumpai. Bentuknya seperti mi, yaitu panjang, tipis, silindris, dan padat. Spageti biasa diolah dengan berbagai saus.

Vermicelli

Mirip dengan spageti, vermicelli punya bentuk yang lebih pipih dan lebih ramping. Namun, di negara asalnya, vermicelli justru punya bentuk yang sedikit lebih tebal daripada spageti.

Fetucini

Dalam bahasa Italia, fettucine berarti pita kecil. Pasta jenis ini pun tampak seperti lembaran pita kecil saking tipisnya namun tetap memiliki panjang seperti pasta pada umumnya.

Tortelini

Pasta ini berbentuk seperti cincin, serta kadang-kadang digambarkan sebagai tali pusar. Oleh karena itu, kadang pasta ini disebut sebagai ombelico atau pusar. Biasanya, tortelini diolah dengan diisi bagian dalamnya dengan berbagai isian.

Lasagna

Bentuk pasta ini unik, yaitu bukan seperti mi ataupun pipa kecil pada kebanyakan pasta. Lasagna ini berbentuk lembaran yang diolah dengan cara dipanggang. Lasagna biasa dimasak bertumpuk-tumpuk dan antarsusunannya diberi tambahan daging.

Fusili

Pasta ini punya bentuk spiral yang unik. Kata fusili sendiri dalam bahasa Italia berarti memintal. Sebab, fusili secara tradisional dibuat dengan cara ditekan dan digulung.

Cavatelli

Bentuknya kecil dan dalam bahasa Italia, cavatelli berarti lubang kecil. Nama tersebut sesuai karena lubang pada cavatelli memang kecil sekali. Cavatelli ricota dibuat dengan menambahkan keju ricota pada adonan sebelum dicetak.

Ravioli

Berbeda dengan pasta pada umumnya yang dimasak bersama dengan bumbu, ravioli diberi isian pada bagian dalamnya. Ravioli biasa disajikan dengan saus kaldu. Bentuknya biasanya kotak berongga, namun terkadang berbentuk yang lain seperti bulat ataupun agak bulat.

Penne

Penne merupakan pasta dengan bentuk tabung dan berukuran agak panjang. Pasta jenis ini biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Penne terbuat dari tepung terigu, dan biasanya diberi pewarna alami seperti merah dari buah bit, hijau dari bayam, ataupun hitam dari tinta cumi-cumi.

Macaroni

Cukup populer, makanan ini memiliki bentuk yang unik seperti elbow, yaitu berliku di bagian tengahnya. Biasanya makanan ini terbuat dari tepung terigu dan diolah dengan saus krim dan kacang polong. Di Indonesia, panganan ini akrab dijadikan camilan dan diolah dengan cara digoreng.

Farfalle

Pasta ini berbentuk seperti dasi kupu-kupu dan sering pula dijuluki butterfly pasta. Julukan ini diberikan lantaran dalam bahasa Italia, farfalle berarti kupu-kupu. Asal pasta unik ini adalah daerah Lombadry dan Emilia-Romagna di Italia.

Gnocchi

Berbeda dari pasta lainnya, gnocchi terbuat dari kentang. Biasanya, ia disajikan setelah diolah dengan saus krim dan kacang polong. Kadang ia juga diolah dengan diberi pasta bolognese atau marinara.

Cannelloni

Cannelloni memiliki ukuran yang kecil seperti makaroni. Hanya saja, bentuknya lebih mirip pipa kecil. Ia biasa disajikan dengan saus tomat dan dimasak dengan cara dipanggang.

Tagliatelle

Pasta ini berasal dari daerah Emilia-Romagna di Italia. Tagliatelle merupakan pasta klasik yang memiliki lebar 0,65—1 cm. pasta ini dapat dihidangkan dengan berbagai campuran seperti daging sapi, sayuran, ikan, dan sebagainya.

Conchiglie

Pasta yang satu ini berbentuk mirip kulit kerang. Tekstur bagian luas pasta ini bergaris-garis dan ukurannya bervariasi. Ukuran pasta jenis ini pun beragam. Pasta ini biasanya dijual dari varietas gandum durum dan menggunakan pewarna alami seperti ekstrak tomat, tinta cumi-cumi, atau ekstrak bayam.

Danjyo Hiyoji

Keistimewaan Songket Lewat Gaya Streetwear ala Danjyo Hiyoji

scrub advocad dan madu

Scrub Avokad dan Madu Bikin Tumit Lembut Bebas Pecah-pecah