in

3 Hobi Ini Bisa Jadi Peluang Usaha Buat Kamu Lho

Ngobrolin.idPeluang usaha bisa muncul dari mana saja, termasuk dari hobi kamu sendiri. Berangkat dari hobi juga bisa membuka jalan buat kamu yang berniat menjadi seorang wirausahawan. Lalu, apa saja peluang usaha dari hobi yang bisa jadi sumber penghasilan bila ditekuni dengan serius? Yuk, simak beberapa di antaranya.

1. Peluang usaha beternak burung peliharaan

Peluang bisnis beternak burung peliharaan memang sangat menjanjikan dan tidak pernah surut. Tidak sedikit pengusaha yang awalnya hanya berangkat dari kesukaannya mengembangbiakkan berbagai jenis burung kicau dan peliharaan bisa sukses meraih keuntungan besar dari hobi ini.

Untuk berhasil dalam beternak burung peliharaan, hal-hal yang harus jadi perhatianmu adalah pemikiran lokasi kandang, pemilihan jenis burung yang akan dikembangbiakkan, dan tentu saja yang paling utama adalah minat kamu dalam bidang ini.

Kamu harus memperluas pengetahuan tentang tata cara beternak yang baik. Sementara, pemasaran hasil budidaya burung peliharaan tergolong mudah karena kamu bisa mempromosikannya lewat sosial media atau dari mulut ke mulut.

2. Peluang usaha jual beli mobil replika

Mungkin kamu pernah melihat mainan mobil-mobilan (diecast) saat membeli barang kebutuhan di minimarket dekat rumah. Ya, mobil replika yang kita kira hanya sekadar mainan anak-anak tersebut ternyata sangat digemari oleh banyak kalangan, terutama kaum pria sebagai barang koleksi.

Tak jarang juga untuk melengkapi koleksinya, seorang kolektor rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah hanya untuk membeli 1 diecast yang diincarnya dari harga awalnya yang hanya puluhan ribu rupiah. Konon katanya, peluang usaha dalam bisnis mainan ini peluang investasi yang dihasilkannya bisa melebihi nilai investasi emas.

Untuk memulai bisnis ini, pertama yang perlu kamu pelajari adalah menguasai product knowledge untuk mengetahui diecast mana yang punya nilai lebih tinggi daripada harga aslinya dan siapa saja target market-nya.

Kebanyakan penjual diecast menggunakan media sosial sebagai sarana bertukar informasi dan jual beli. Selain lebih fleksibel, bahkan di Facebook sendiri berderet puluhan bahkan ratusan komunitas diecast yang selalu berinteraksi dengan sesama kolektor.

3. Peluang usaha sebagai agen atau dropship produk

Ini mungkin salah satu peluang bisnis yang sudah sering dibahas tapi masih tetap menjanjikan, terutama bagi mereka yang menyukai pekerjaan marketing dan hobi di bidang pemasaran. Untuk menjalankannya tidak dibutuhkan modal besar, tidak perlu punya barang, tidak perlu mengirim dan menyetok barang.

Untuk memulai bisnis ini, kamu hanya perlu mengikat kerja sama dengan pihak pemilik suatu produk atau supplier dan tugas utama kamu hanyalah mempromosikan produknya, baik melalui media sosial maupun toko online (marketplace dan lainnya).

Pembeli kemudian akan mentransfer untuk pembayaran ke rekening kamu, lalu kamu hubungi supplier dan transfer biaya pembelian produk dan ongkos kirim. Setelah itu, produk akan diproses dan dikirim oleh pihak supplier atas nama kita sebagai pengirim (pemilik produk) dan kita mendapatkan sejumlah uang sebagai komisi penjualan.

Namun yang perlu kamu perhatikan adalah memilih supplier produk yang sudah memiliki reputasi baik dalam hal ketepatan pengiriman dan penanganan komplain. Misalnya terjadi keluhan dari pembeli, pihak supplier yang baik tidak akan lepas tangan, namun tetap memiliki prosedur untuk penanganan solusinya.

Kelebihan dari peluang usaha ini, yaitu kamu bisa memiliki banyak supplier dan bermacam produk untuk dijual terutama bila sudah memiliki toko online.

Makanan Berprotein Tinggi yang Pas untuk Pembentukan Otot

pelajaran matematika

Trik Supaya si Buah Hati Suka Pelajaran Matematika