in

3 Resep Minuman Es untuk Buka Puasa

Bikin sendiri menu buka puasa mu biar lebih puas kalau mau nambah lagi.

resep minuman es untuk buka puasa
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Berpuasa seharian tentu bikin pengen minum yang segar-segar ketika berbuka. Apalagi kalau buat sendiri, rasanya akan semakin nikmat karena kita bisa menakar rasanya sesuai selera. Berikut ini 3 resep minuman es untuk buka puasa rekomendasi tim Ngobrolin.id.

Es blewah

Menu yang satu ini nggak boleh dilewatkan untuk jadi teman berbuka. Rasanya yang manis dan segar bikin nagih, deh. Cara buatnya pun gampang banget.

Pertama, siapkan bahan-bahannya antara lain blewah satu buah, sirup rasa cocopandan, es batu, dan air putih. Selanjutnya, kerok es blewah dengan cetakan khusus. Jika kamu tidak punya, kamu bisa gunakan sendok, lho.

Masukkan sirup secukupnya ke wadah. Tambahkan air untuk melarutkan sirup tersebut. Jika sudah larut, tuang blewah yang sudah dikerok dalam wadah. Tambahkan es batu dan es blewah pun siap dihidangkan.

Es buah

Menu kedua yang tidak kalah segarnya adalah es buah. Cara membuat es buah juga tidak kalah mudah dengan es blewah. Langkah pertama adalah menyiapkan bahan-bahan berupa buah, sirup cocopandan, susu kental manis, gula, es batu, dan air secukupnya.

Kamu bisa pakai buah apa saja. Beberapa buah yang umumnya dicampurkan saat membuat es buah adalah apel, pir, nanas, pepaya, semangka, melon, pisang, anggur, sampai buah naga. Pilih beberapa buah favoritmu dan potong dadu dalam ukuran kecil.

Buat campuran air putih, susu kental manis, sirup cocopandan, dan gula sesuai selera. Jika sudah, masukkan seluruh buah ke wadah. Tambahkan es batu dan aduk hingga dinginnya merata. Kamu juga bisa tambahkan nata de coco atau jelly sebagai pelengkap.

Es timun

Es timun punya rasa segar yang bikin momen buka puasa jadi lebih nikmat. Cara membuatnya pun hanya dengan bahan sederhana. Siapkan bahan-bahan berupa timun, sirup melon, gula, jeruk nipis atau lemon, selasih, es batu, dan air secukupnya.

Pertama, serut timun sesuai ukuran yang diinginkan. Jika kamu menyerutnya semakin halus, rasa dari timunnya akan semakin samar. Cocok banget buat kamu yang nggak suka sama timun tapi pengen mencicipi kelezatan minuman yang satu ini. Jangan lupa untuk merendam biji selasih dalam air sampai mengembang.

Jika sudah, buat campuran sirup melon, gula, dan air sesuai selera. Masukkan serutan timun dan biji selasih. Tambahkan es batu dan aduk sampai dinginnya merata. Terakhir, beri perasan jeruk nipis atau lemon agar rasanya lebih segar. Es timun siap dihidangkan.

camilan untuk buka puasa

Camilan untuk Buka Puasa Ini Pas di Kantong Mahasiswa

kulit lebih sehat

Peran Penting Bakteri untuk Jadikan Kulit Lebih Sehat