in

4 Cara Menghibur Sahabat yang Patah Hati

Lakukan ini agar sahabatmu merasa lebih baik

menghibur sahabat yang patah hati
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Sebagai sahabat yang baik, pasti kita ikut sedih dong ketika sahabat tersayang kita patah hati? Lantas, apa yang harus dilakukan? Berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghibur sahabat yang patah hati versi Tim Ngobrolin. Semoga berhasil membantunya kembali ceria, ya!

Ketika sahabatmu patah hati dan menceritakannya kepadamu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendengarkannya dengan setulus hati. Dia hanya ingin mengekspresikan kesedihannya entah dengan cara bercerita ataupun sekadar membutuhkan keberadaanmu.

Apa pun yang ia katakan, kamu hanya perlu mendengarkan. Jangan sampai kamu menyela kata-katanya. Ajak ke tempat yang menenangkan untuk mendengarkannya bercerita. Mulai dari kafe yang tidak terlalu ramai, kamar pribadimu, atau tempat favorit kalian berdua.

Saat mendengarkan ceritanya, kamu bisa saja bosan atau justru tersulut emosi. Tenang, jangan dulu terpancing. Hindari memberikan kritik pedas atas keputusan yang ia ambil. Ia baru saja dirundung duka karena patah hati dengan kekasihnya. Jangan menambah beban pikirannya dengan menyalahkan keadaan padanya.

Alih-alih kritik, kamu bisa memberikan ucapan turut berduka atas kabar yang ia ceritakan. Tak ada salahnya juga untuk menyodorkan tisu ataupun bahu. Secangkir teh hangat atau minuman favoritnya juga bisa membantu meredakan emosinya.

Selain kritik, kadang kita juga terpancing untuk memberi feed back berupa cerita dari sudut pandang kita sendiri. Padahal, hal tersebut sedang tidak diperlukan oleh sahabat kita. Tahan ya, untuk tidak memberikan sudut pandangmu yang mungkin menurutmu akan lebih baik jika ia melakukannya demikian.

Terakhir, kamu bisa memberinya support moril ataupun bantuan lain yang ia butuhkan. Jika masalah yang ia hadapi terlalu berat dan serius, kamu bisa menawarinya untuk menemani ke psikolog terdekat. Terlebih jika kamu sudah tak bisa membantunya keluar dari kesedihan tersebut.

Beri pengertian padanya bahwa tak masalah pergi ke psikolog untuk membantunya menyelesaikan masalah. Dengan berkonsultasi dengan ahli, masalah yang dihadapi pun akan bisa diatasi dengan sudut pandang profesional.

Jangan lelah menjadi sahabat yang baik, ya. Tetap saling bermanfaat bagi kebaikan. Semoga persahabatanmu dengan sahabat-sahabatmu selalu langgeng.

film Hollywood

Film Hollywood Ini Tak Pernah Terwujud

rekan kerja perfeksionis

Rekan Kerja Perfeksionis? Atasi dengan Trik Ini