in

4 Hal yang Tidak Disadari Bikin Gaji Cepat Habis

Sadari hal ini secepatnya untuk menyelamatkan gaji kamu!

gaji cepat habis
foto: unsplash

Ngobrolin.id Duh, tanggal gajian masih lama tapi duit sudah menipis! Rasanya sudah dihemat-hemat untuk pengeluaran makan dan jajan, tapi kenapa tetap saja gaji cepat habis, ya. Siapa yang pernah mengalami hal serupa, kalau kamu pernah mengalaminya. Sadari beberapa hal di bawah ini yang sering diabaikan, padahal sering bikin gaji cepat habis.

Tergiur diskon di tanggal gajian

gaji cepat habis
foto: unsplash

Para pengusaha atau tim marketing pasti sangat pintar memainkan emosional pembeli. Salah satu caranya mengeluarkan harga diskon atau cashback di tanggal gajian. Hal tersebut mampu memicu keinginan untuk berbelanja semakin besar. Sebenarnya, tidak salah untuk membeli barang diskonan setelah gajian. Namun, sebisa mungkin kamu harus bijak memilah kebutuhan dengan keinginan.

Jika kamu tidak bisa mengontrol emosi kamu saat berbelanja, percaya deh gajimu bakalan cepet habis meskipun kamu pakai diskonan yang lebih murah dari biasanya. Oleh karena itu, kamu bisa membuat daftar kebutuhan dan keinginan. Jadi, saat banyak diskon, utamakan terlebih dahulu cari kebutuhan.

Belanja bulanan yang berlebihan

gaji cepat habis
foto: unsplash

Sebagian orang pasti lebih senang belanja bulanan ketimbang harus beli di pertengahan waktu. Faktanya, saat belanja bulanan kamu sedang memegang duit yang cukup banyak karena habis gajian. Kamu akan semakin impulsif melihat barang yang tersusun di keranjang, padahal kamu tidak terlalu membutuhkannya. Kamu bisa belanja saat sedang butuh sehingga pengeluaran kamu tidak akan terlalu membengkak.

Kemudahan pembayaran

gaji cepat habis
foto: unsplash

Teknologi memang sangat memudahkan manusia untuk melakukan apa pun, termasuk untuk membayar. Kamu hanya perlu scan barcode, bayar pakai kartu, atau transfer melalui ponsel. Kemudahan ini jarang disadari oleh kamu yang jadi lebih sering belanja online karena hanya tinggal klik, langsung jadi.

Membeli barang murah

gaji cepat habis
foto: pixabay

Bukan berarti murah itu tidak bagus. Namun, memilih untuk membeli barang murah tidak selalu menguntungkan karena kualitasnya pasti kurang baik sehingga kamu perlu membeli barang yang sama dalam waktu berdekatan. Sebaiknya, menabung terlebih dahulu untuk membeli sesuatu yang kondisinya tidak terlalu penting untuk dibeli saat ini. Selain mendapatkan kualitas yang baik, kamu juga bisa merasakan kebanggaan tersendiri jika bisa membeli yang lebih bagus.

karyawan baru

Tips Menghadapi Hari Pertama Bagi Karyawan Baru

Suami BCL, Ashraf Sinclair Meninggal Dunia