in

4 Jenis Kurma Paling Populer di Indonesia

jenis kurma yang paling populer
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Seberapa sering kamu mengonsumsi kurma? Kurma memang baik dan dianjurkan sebagai menu berbuka puasa. Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata ada setidaknya empat jenis kurma yang paling populer di Indonesia?

Terdapat ratusan jenis kurma yang ada di dunia. Jenis-jenis kurma tersebut dibedakan berdasarkan jenis pohon dan asal kurma. Kurma pun umumnya dinikmati dalam keadaan kering, ketika buahnya sudah menjadi lebih manis dan berwarna kecokelatan hingga kehitaman.

Keistimewaan buah kurma terdapat pada kandungannya. Sebutir kurma mengandung beragam jenis gula mulai dari glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Mengonsumsi kurma sebagai menu berbuka puasa bisa membantu tubuh mengembalikan energi yang hilang ketika berpuasa.

Yuk, kenali empat jenis kurma yang paling populer di Indonesia!

Kurma ajwa

Kurma jenis ini sering dijuluki sebagai kurma nabi atau kurma Rasulillah. Sebab, kurma ajwa sendiri merupakan kurma kegemaran Nabi Muhammad. Buah yang satu ini memiliki tekstur yang halus saat dimakan.

Jika dilihat dari penampakannya, kurma ajwa cenderung berwarna cokelat tua kehitaman, bentuknya lebih kecil dibanding kurma jenis lain. Kurma ajwa banyak dibudidayakan di Madinah.

Kurma Tunisia

Kurma jenis ini memiliki ciri khas rasa legit yang tidak terlalu manis. Kalau kamu suka dengan rasa kurma yang tidak begitu manis, kurma ini bakal cocok buat kamu konsumsi. Ada dua jenis kurma tunisia, lho, yaitu kurma kering dan kurma basah.

Kurma tunisia punya nama lain yang juga tak kalah populer. Kamu bisa mencari kurma ini di toko dengan nama kurma deglet noor. Nama ini diberikan karena bagian tengah kurma ini bercahaya di bawah sinar matahari.

Kurma sukari

Kurma sukari dikenal juga dengan nama kurma raja. Hal ini karena pada zaman dahulu, banyak raja yang mengonsumsi jenis kurma ini. Kurma ini juga jadi favorit di wilayah Timur Tengah, lho.

Kurma sukari berwarna cokelat terang. Bagian ujungnya berwarna kuning. Meski terlihat keras, ketika digigit, daging kurma akan terasa sangat lembut. Kurma ini dijual dalam bentuk kering dan basah.

Kurma Mesir

Seperti namanya, kurma ini berasal dari Mesir, lho. Kurma mesir merupakan jenis kurma yang paling banyak beredar di Indonesia. Harganya terjangkau dan jumlah pasokannya yang banyak membuat kurma ini mudah sekali ditemui.

Bentuk kurma mesir ini mirip dengan kurma tunisia. Hanya saja tekstur kurma mesir lebih keras dan tampak lebih keriput. Permukaannya pun terlihat lebih basah.

 

Menghadapi revolusi industri 4.0

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Yuk Perkaya Diri dengan Kemampuan Ini

menu baru KFC Indonesia

Menu Baru KFC Indonesia Bikin Orang Girang, Apa Itu?