in

4 Menu Sahur Sederhana Buat yang Nggak Sempet Masak Lama

Sering nggak keburu buat masak sahur, nih. Tapi dengan menu ini, nggak perlu khawatir telat sahur.

menu sahur sederhana
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Salah satu momen yang nggak boleh ketinggalan saat Ramadan adalah sahur. Saat sahur adalah waktunya mengisi energi untuk beraktivitas seharian. Tapi, gimana kalau nggak sempet menyiapkan sahur? Tenang, tim Ngobrolin.id punya menu sahur sederhana buat kamu yang nggak sempet masak lama.

Berikut ini menu sahur sederhana versi Ngobrolin.id.

Tumis kacang panjang

menu sahur sederhana
Foto: pixabay

Siapkan kacang panjang 250 gram, 4 buah cabai merah, minyak sayur secukupnya, 7 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, merica, saus tiram, serta garam dan gula secukupnya.

Potong-potong kacang panjang sepanjang dua ruas jari. Cincang halus bawang merah dan bawang putih, kemudian panaskan dalam minyak. Masukkan cabai yang sudah diiris tipis. Masukkan juga kacang panjang.

Agar lebih cepat lunak, masukkan air secukupnya. Jangan terlalu banyak, ya, agar kacang panjang tidak lembek. Beri bumbu garam, gula, merica, dan saus tiram sampai rasanya pas.

Omelet jamur

menu sahur sederhana
Foto pixabay

Siapkan bahan-bahan berupa telur ayam 3 butir, jamur kancing kalengan, satu butir bawang bombai ukuran sedang, 2 siung bawang putih, 2 buah cabai, dan 1 batang daun bawang.

Kocok lepas telur ayam. Masukkan potongan jamur, bawang putih yang sudah dihaluskan, irisan tipis cabai, dan irisan daun bawang. Beri garam, merica, dan kaldu ayam hingga rasanya pas. Goreng hingga kecokelatan. Selain omelet jamur, kamu juga bisa bikin varian omelet untuk menu sahur sederhana lainnya.

Nasi goreng

menu sahur sederhana
Foto: pixabay

Bisa dibilang, menu nasi goreng selalu jadi andalan kalau tak punya banyak waktu menyiapkan makanan. Siapkan bumbu yang diperlukan, yaitu satu porsi nasi putih, 2 siung bawang putih, kecap manis, saus sambal, garam, kaldu bubuk, daun bawang, dan isian. Isian ini bisa berupa telur, sosis, bakso, atau apa pun yang kamu punya.

Cara membuat nasi goreng pun sangat mudah. Panaskan minyak secukupnya. Cincang bawang putih hingga halus dan masukkan ke minyak panas sampai baunya harum. Masukkan telur yang sudah dikocok dan isian lainnya.

Jika sudah agak matang, masukkan satu porsi nasi. Beri bumbu garam, merica, kaldu bubuk, kecap manis, dan saus sambal sampai rasanya sesuai selera.

Sayur bayam

menu sahur sederhana
Foto: pixabay

Siapa bilang makan sayur mustahil dilakukan jika waktu memasak hanya singkat? Kamu masih bisa bikin menu sayur, lho, untuk memenuhi kebutuhan serat harian kamu. Salah satunya adalah sayur bayam.

Bahan-bahan sayur bayam sangat sederhana. Siapkan 2 ikat sayur bayam, 1 buah jagung, 4 siung bawang merah, 2 ruas kencur, dan garam secukupnya.

Rebus air secukupnya sampai mendidih. Potong jagung menjadi beberapa bagian dan masukkan ke air mendidih. Setelah jagung melunak, tambahkan kencur dan bawang yang sudah dikupas dan diiris. Masukkan bayam dan beri bumbu.

pindah ibu kota negara

Wow! Negara Ini Pernah Pindah Ibu Kota

tips olahraga saat puasa

Tetap Bugar Selama Ramadan dengan Tips Olahraga Ini