Ngobrolin.id — Start up atau perusahaan rintisan banyak dibangun di Indonesia untuk mengatasi berbagai masalah sehari-hari. Mulai dari layanan transportasi, penginapan hingga pusat belanja dan lainnya. Semuanya memiliki logo sebagai ciri khas yang mudah dikenal pada ponsel dan media lainnya. Namun ternyata, beberapa start up berganti logo, lho.
Gojek

Senin (22/7), perusahaan start up penyedia jasa transportasi ini meluncurkan logo terbarunya yang diberi nama ‘Solv’. Hal ini seiring dengan visi Gojek menjadi super app yang menyediakan banyak layanan sekaligus.
Perubahan logo ini juga didorong oleh sulitnya logo lama terbaca jika digunakan dalam ukuran kecil. Gojek sendiri sudah pernah mengubah logonya. Namun, warna dasar hijau tetap menjadi ciri khas perusahaan besutan Nadiem Makarim ini.
Tokobagus

Sempat menjadi wadah utama jual beli barang di Indonesia, Tokobagus merombak diri menjadi olx.id setelah diakuisisi oleh perusahaan Olx. Olx sendiri merupakan perusahaan e-commerce internasional yang sudah berdiri sejak 2006, dan menjadi salah satu pemilik saham Tokobagus sejak 2010.
Tiket.com

Perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket ini mengganti logonya pada 2017. Titik berwarna kuning yang memisahkan kata ‘tiket’ dan ‘com’ menjadi lebih besar daripada ukuran sebelumnya. Selain itu, huruf yang digunakan juga menjadi seluruhnya huruf kecil, setelah sebelumnya huruf ‘T’ pada Tiket.com menggunakan huruf kapital.
Tak hanya itu, Tiket.com juga meluncurkan tagline baru yakni ‘ke mana pun, tiket.com aja’. Perubahan ini seiring diakuisisinya Tiket.com oleh Blibli.com. Namun, mereka tetap menggunakan warna dasar kuning, putih, dan biru sebagai ciri khas Tiket.com.
Blibli.com

Sebelum mengakuisisi Tiket.com, Blibli.com telah terlebih dahulu berganti logo pada 2015. Peluncuran logo baru tersebut seiring dengan konsep baru yang diperkenalkan oleh Blibli.com, yakni sebagai mal online yang menyediakan berbagai kebutuhan.
Lambang baru Blibli.com menghadirkan keranjang berwarna biru berisi barang-barang. Tak hanya logo, tagline e-commerce ini pun berubah. Sebelumnya, Blibli.com menggunakan motto ‘Anytime, Anywhere Shopping!’ menjadi ‘Big Choice Big Deals’.