in

4 Tempat Wisata Angker yang Terkenal di Indonesia

rekomendasi tempat wisata angker yang terkenal di Indonesia
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Indonesia memang punya banyak pilihan tempat wisata. Tapi, ada beberapa orang yang lebih tertarik untuk berwisata horor. Nah, berikut ini Tim Ngobrolin kasih rekomendasi tempat wisata angker yang terkenal di Indonesia. Di mana sajakah itu?

  1. Lubang Buaya (Jakarta)

Sebenarnya lokasi ini juga merupakan salah satu objek wisata sejarah di Indonesia. Tetapi, karena lokasi ini pernah menjadi tempat pembantaian dan pembuangan para korban Gerakan 30 September yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia pada 30 September 1965 silam, lokasi ini juga cocok untuk wisata angker. Apalagi, banyak orang yang menyebut sering terdengar suara teriakan laki-laki yang seperti sedang disiksa di lokasi ini.

Lokasi yang berada di kawasan Pondok Gede, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta, ini dulunya merupakan pusat pelatihan kemiliteran milik Partai Komunis Indonesia. Di kawasan tersebut terdapat sebuah sumur mati yang tidak digunakan lagi. Ke dalam lubang sumur tua itulah jenazah para korban dalam peristiwa tersebut dibuang.

  1. Goa Jepang (Lembang, Jawa Barat)

Pada masa penjajahan Jepang, goa ini menjadi tempat pertahanan tentara pasukan Jepang dalam Perang Dunia ke-II. Goa ini sendiri dibangun oleh orang-orang pribumi dengan sistem kerja paksa, atau dikenal dengan istilah romusha. Banyak di antara pekerja tersebut yang meninggal karena tidak sanggup lagi bertahan untuk menyelesaikan pekerjaan membangun goa tersebut. Konon, arwah para romusha itulah yang menyebabkan goa ini menjadi angker.

Banyak saksi yang mengaku sering mendengar suara jeritan para romusha yang dulunya disiksa oleh tentara Jepang. Selain itu, ada pula yang pernah melihat penampakan wujud orang-orang yang tersiksa itu. Kalau kamu masuk ke tempat wisata angker ini, pasti bulu kuduk akan terasa merinding. Bahkan, napas juga bisa terasa sesak di dalam goa ini, meskipun ada banyak ventilasi.

  1. Lawang Sewu (Semarang, Jawa Tengah)

Lawang Sewu merupakan sebuah gedung bekas kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) pada masa penjajahan Belanda dulu. Gedung yang dibangun pada 1904 dan selesai 1907 ini terletak di Bundaran Tugu Muda, atau dulu disebut Wilhelminaplein, di Kota Semarang, Jawa Tengah. Karena memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, masyarakat pun menyebutnya dengan nama Lawang Sewu atau Seribu Pintu.

Bangunan gedung ini terkenal angker, terutama bagian ruang penyiksaannya yang berada di bawah tanah. Banyak yang bercerita konon ada sosok kuntilanak dan genderuwo yang menghuni Lawang Sewu ini.

  1. Pulau Kumala (Tenggarong, Kalimantan Timur)

Pulau seluas 81.727 hektare ini berada di tengah-tengah Sungai Mahakam. Dulu, pulau ini hanya dihuni oleh binatang-binatang liar dan pepohonan lebat. Apabila Sungai Mahakam meluap, sebagian Pulau Kumala ini akan tenggelam. Saat itu, berkembanglah cerita seram, bahwa ada yang pernah melihat genderuwo dan sosok wanita yang sedang duduk sendiri di sekitar hutan di pulau kosong tersebut.

Namun, sekarang tempat wisata angker ini “disulap” menjadi taman wisata untuk rekreasi masyarakat. Perpaduan budaya tradisional dan teknologi modern terlihat di Pulau Kumala, seperti adanya fasilitas kereta gantung yang menghubungkannya dengan seberang Sungai Mahakam, dan sky tower setinggi 100 meter. Selain itu, pulau ini juga dilengkapi dengan hotel dan cottage.

cara membersihkan noda membandel pada sneakers

Cara Membersihkan Noda Membandel pada Sneakers

Hindia dan Rara Sekar

Hindia dan Rara Sekar Hadirkan ‘Membasuh’ yang Membasuh