in ,

5 Buah yang Bisa Menetralisir Santan pada Santapan Lebaran

netralisir santan saat lebaran dengan buah ini

menteralisir santan
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Sebagian besar makanan yang tersaji saat lebaran menggunakan santan sebagai bahan utama, seperti rendang, sambal kentang goreng ati, sayur labu, dan beberapa santapan khas lebaran lainnya. Sebenarnya, jika santan dikonsumsi dalam batas normal tidak akan menimbulkan bahaya dan justru baik untuk kesehatan. Namun, saat lebaran intensitas makan akan lebih meningkat ditambah saat itu hanya menu tersebut yang sedang tersaji. Oleh karena itu, kamu perlu 5 buah di bawah ini untuk menetralisir santan pada santapan lebaran.

Apel

Apel sudah terbukti berkhasiat untuk menurunkan kadal kolesterol di dalam darah. Seseorang yang rajin mengonsumsi apel sebanyak dua kali sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 16 persen. Hal tersebut dikarenakan apel mengandung serat yang berguna untuk mengikat lemak dan kolesterol jahat untuk dibuang.

Jambu biji

Jambu biji mengandung pectin berupa serat yang larut di dalam air. Pectin merupakan zat yang bisa membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol jahat yang biasanya didapatkan dari pola makan tidak teratur, seperti terlalu banyak mengonsumsi santan. Selain bagus menjadi buah penetralisir santan, jambu biji juga sangat bagus dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah naga

Buah naga bisa menjadi buah penetral santan berikutnya yang sangat mudah untuk dijumpai. Buah naga mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah serta menurunkan kadar lemak di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan buah naga memiliki kandungan vitamin B3 yang berperan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Alpukat

Buah alpukat dapat menurunkan serum kolesterol jenuh sebanyak 8,7—42,8 persen jika dikonsumsi secara rutin. Selain dapat menurunkan kadar total, buah alpukat juga dapat mempertahankan kepadatan HDL. Kamu bisa menikmati buah alpukat secara langsung seperti salad atau campuran makanan lainnya. Selain itu, kamu bisa juga mengolahnya menjadi jus.

Manggis

Buah yang sudah terkenal memiliki banyak manfaat ini bisa dijadikan buah penetral santan pada saat lebaran. Ekstrak kulit manggis sudah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal tersebut dikarenakan meningkatnya kadar enzim lipoprotein dalam darah yang dapat menghidrolisis LDL menjadi asam lemak dan gliserol.

bioskop drive-in

Bioskop Drive-In Jakarta Akan Segera Hadir

the naked traveler

The Naked Traveler, Rekomendasi Buku Traveling Penghibur Gagal Liburan