in ,

5 Cabai Terpedas di Dunia, Berani Coba?

Jangan memaksakan mencoba jika kamu tidak kuat

cabai terpedas di dunia
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Bagi sebagian orang Indonesia, makan tanpa sambal atau cabai rasanya kurang nikmat. Tak heran jika hampir sebagian besar kuliner Nusantara menggunakan cabai sebagai bumbu masakannya. Biasanya sambal yang kita makan berupa kumpulan cabai rawit. Ternyata, ada 5 cabai terpedas di dunia, lho, berani coba?

Tingkat kepedasan cabai terpedas ini sangat jauh dari jenis cabai yang sering kamu konsumsi untuk menemani semangkok bakso. Tingkat kepedasan cabai diukur dengan satuan SHU (Scoville Heat Unit). Berikut ini ulasannya.

Carolina reaper

Saking pedasnya, cabai terpedas ini sudah menelan banyak korban. Ada banyak kasus yang disebabkan orang-orang nekat mengonsumsi cabai ini. Dilansir dari BBC News Indonesia, seorang pria berusia 34 tahun dilarikan ke rumah sakit akibat sakit kepala yang dahsyat. Ternyata, ia mengalami penyempitan pembuluh darah. Usut punya usut, ternyata ia habis mengikuti lomba makan cabai terpedas di dunia. Duh, meskipun menang malah jadi harus masuk rumah sakit, deh.

Carolina reaper dinobatkan sebagai cabai terpedas di dunia oleh Guiness World Record pada 2013 lalu. Tingkat kepedasan cabai ini sebesar 1.569.300 SHU. Bayangkan, tingkat kepedasan cabai rawit saja hanya sebesar 30.000—50.000 SHU!

Pot douglah

Jika dilihat sekilas, cabai ini berwarna cokelat tua dengan permukaan yang tidak rata. Tingkat kepedasan cabai ini 923.889—1.853.986 SHU.

Trinidad moruga scorpion

Tingkat kepedasan cabai Trinidad moruga scorpion diketahui sebesar 1.200.000—2.000.000 SHU.

Dragon’s breath

Dari namanya saja sudah aneh, ya. Sesuai dengan namanya, rasa cabai ini seperti napas naga dengan semburan api yang mampu membakar kamu. Tingkat kepedasan cabai ini mencapai 2.483.583 SHU. Padahal, bentuk cabai dragon’s breath ini sangat mungil, lho!

Pepper X

Pernah membayangkan jika seluruh cabai terpedas yang ada dikawinsilangkan akan menghasilkan buah cabai sepedas apa? Jawabannya ada pada cabai pepper X yang tingkat kepedasannya lebih dari 3 juta SHU.

Cabai-cabai terpedas tersebut memang cukup berbahaya bagi sebagian orang. Sebagian besar cabai tersebut sudah dijual bebas, baik dalam bentuk utuh maupun sudah diolah, misalnya menjadi bubuk cabai atau saus cabai. Tertarik untuk mencobanya? Pastikan tubuhmu kuat ya, jangan paksakan jika kamu tidak kuat.

musim hujan

Kamu Bisa Dehidrasi Jika Tidak Minum Air Putih Saat Musim Hujan

lip balm rasa boba

Ada Lip Balm Rasa Boba, Lho!