in ,

5 Ciri Khas Sinetron Indonesia yang Berbeda dari Drama Korea

Jangan pernah disamain, mereka adalah sosok yang berbeda

sinetron Indonesia
foto: Unsplash

Ngobrolin.id — Ngomongin sinetron Indonesia, masih banyak warganet Indonesia yang berharap bisa dibuat dengan kualitas yang sama seperti drama Korea. Sayangnya, pekerjaan tersebut tidak dapat dilakukan dengan mudah karena sebagian besar masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan sinetron yang dikemas seperti yang kamu sering lihat di televisi.

Nah, berikut ini beberapa ciri khas sinetron Indonesia yang gak bakal kamu temui di serial drama dari negeri mana pun, termasuk Korea Selatan.

Episode panjang

Sudah hal umum, sinetron-sinetron di Indonesia memiliki episode yang panjang, bahkan ada yang sampai ribuan episode. Namun, hanya sinetron terbilang sukses yang mampu memproduksi ribuan episode.

Ada juga sinetron yang kurang sukses dan dihentikan masa tayangnya saat episodenya masih sedikit. Misalnya, Cantik-Cantik Magic yang hanya tayang 19 episode, padahal sinetron tersebut diperankan oleh aktor dan aktris terkenal, seperti Michelle Ziudith, Rizky Nazzar, dan Fero Walandauw.

Masih bisa jalan walau tokoh utamanya gak ada

Tokoh utama berperan sebagai pusat perhatian penonton, bahkan tak jarang sering digunakan sebagai nama judul sinetron. Kamu bisa menjumpai beberapa sinetron Indonesia yang sudah tidak memiliki tokoh utamanya, tapi masih terus diproduksi.

Sebut saja Tukang Bubur Naik Haji, sinetron ini telah tayang sebanyak 2.185 episode. Padahal, tokoh utamanya, yaitu tukang bubur yang berhasil naik haji dari duit tabungan, sudah cukup lama ditiadakan karakternya di sinetron tersebut.

Kamu juga bisa menjumpai beberapa episode sinetron yang tidak menampilkan tokoh utamanya karena sedang cuti.

Akhir cerita yang sulit ditebak

Jangan pernah berusaha untuk menebak akhir cerita dari sinetron Indonesia karena hanya Tuhan dan pihak produksi film yang mengetahuinya. Meski alur cerita sangat mudah ditebak, tidak halnya dengan akhir cerita. Jika sinetron tersebut dirasa masih berpotensi untuk “dipanjangkan”, kamu akan menemukan jalan cerita tambahan atau malah jalan cerita baru dalam sinetron tersebut.

Ada episode spesial di tempat yang berbeda

Seringkali beberapa episode ditayangkan dengan embel-embel episode spesial karena digarap di lokasi yang berbeda, seperti di luar negeri atau di luar daerah. Episode ini bertujuan membuat “variasi” dalam tayangan sehingga penonton tidak bosan.

 

TikTok Awards

Wow, Bakalan Ada TikTok Awards di RCTI!

kata ajaib di marketing

5 Kata Ajaib di Marketing yang Mampu Memikat Hati Calon Pembeli