in

Penderita Radang Sendi Kronis Coba Yoga Ini Deh!

Peradangan kronis pada sendi
Foto: unsplash

Ngobrolin.id Peradangan kronis pada sendi atau Rheumathoid Arthritis (RA) sendiri menjadi salah satu penyakit yang belum ditemukan obatnya. Nah, salah satu terapi yang bisa dilakukan penderita radang sendi kronos yaitu senam atau yoga khusus untuk nyeri sendi.

Perlu kamu ketahui, yoga relaksasi tubuh kaku atau nyeri sendi memang terbilang baru di dunia kesehatan. Namun, gerakan yoga ini agak berbeda dengan yoga pada umumnya, lho. Yoga khusus nyeri sendi lebih fokus pada proses pembersihan cakra atau energi negatif di tubuh kamu dan membangun komunikasi antara pikiran dan badan.

Yoga khusus nyeri sendi ini pertama kali diinisiasi oleh Hilda Diana Kustiwa pada tahun 2010 di Bandung. Sebagai penderita radang sendi atau RA, Hilda mengaku sangat minim sekali olah raga atau relaksasi khusus yang aman bagi penderita sendi.

“Memang untuk menyikapi penyakit auto imun ini tidak bisa sembarang yoga karena salah gerakan sedikit, over sedikit, imunnya ngamuk. Jadi bukannya sehat tapi malah makin parah. Saya pernah drop sampai tiga bulan karena over yoganya,” katanya.

radang sendi kronis
Foto: pixabay

Ia juga menjelaskan kalau gerakan yoga khusus nyeri sendi sangat ini terbatas dan fokus pada titik vital saja. Gerakan yoganya sendiri dia pelajari dengan mengeksplor tubuhnya. Pada intinya, gerakan yoga khusus nyeri sendi ini bertujuan untuk mendorong tubuh untuk memunculkan dan menormalkan kembali analgesik alami yang dimiliki tubuh.

“Teori yoganya sama dengan yoga pada umumnya, tapi gerakannyanya disesuaikan. Jadi penyakit saya, sakit radang sendi diderita tubuh saya juga menjadi ilmu bagi saya untuk menemukan gerakan sendiri,” ujar Hilda.

Namun sayang, sampai sekarang, dia masih membuka kelas yoga khusus di Bandung saja. Ke depannya, tidak menutup kemungkinan kalau Hilda bakal membuka kelas di kota lain atau membuat konten YouTube. Sehingga, semua para penderita RA di seluruh Indonesia bisa mencoba gerakan yoga khusus tersebut.

Pemicu bau badan

Ini Dia Pemicu Bau Badan, Kenali dan Hindari

film Artic

Tuai Banyak Pujian, Film Artic Tayang di Seluruh Dunia