in

5 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

Tinggi menjulang hingga tak bisa dipandang, ini dia si pencakar langit kelas dunia

gedung pencakar langit tertinggi di dunia
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Seiring berkembangnya teknologi, gedung-gedung pencakar langit semakin banyak menyembul di tengah padatnya pemukiman. Beberapa gedung tersebut bahkan dinobatkan sebagai gedung pencakar langit tertinggi karena berdiri menjulang jauh di atas gedung lainnya. Ini dia 5 gedung pencakar langit tertinggi di dunia.

Burj Khalifa

Memiliki tinggi hingga 828 meter, gedung pencakar langit ini menjadi bangunan ciptaan manusia tertinggi di dunia. Terletak di Dubai, Uni Emirat Arab, gedung ini memiliki lantai hingga berjumlah 163 buah. Tak heran bila pembuatannya memakan biaya hingga 1,5 miliar dolar Amerika.

Gedung tertinggi di dunia ini diresmikan pada 2010. Burj Khalifa berisi perkantoran, hotel, penginapan, dan sebagai tempat pariwisata. Desain yang unik dari gedung tersebut hasil karya seorang arsitek bernama Adrtian Smith.

Shanghai Tower

Lagi-lagi di Benua Asia, gedung tertinggi kedua di dunia ada di Cina. Terdiri atas 128 lantai, gedung pencakar langit ini memiliki tinggi hingga 632 meter. Seperti namanya, kamu bisa menemukan Shanghai Tower di Kota Shanghai.

Pembangunan gedung ini memakan biaya 15,7 miliar yen. Mayoritas lantai pada bangunan ini kebanyakan dimanfaatkan untuk aktivitas bisnis dan perkantoran. Tinggi menjulang, pembangunan gedung ini diarsiteki Jun Xia.

Abraj Al-Bait Clock Tower

Bukan Amerika atau Eropa, gedung tertinggi ketiga di dunia ternyata masih berada di Asia. Adalah Abraj Al-Bait Clock Tower, gedung yang terletak di Kota Mekkah ini memiliki ketinggian hingga 601 meter.

Bangunan yang menjadi bagian dari kompleks King Abdulaziz Endownment Project ini diresmikan pada 2012. Di tengah bangunan, kamu bisa melihat ada jam raksasa yang dijuluki Royal Clock Tower.

Ping An Finance Center

Cina punya banyak gedung pencakar langit. Ping An Finance Center adalah salah satunya. Merupakan gedung tertinggi kedua di Cina dan keempat di dunia, bangunan ini mulai diresmikan pada 2017. Pembangunannya sendiri memakan biaya hingga 1,5 milliar dolar Amerika.

Ping An Finance Center memiliki 115 lantai dengan tinggi 599 meter. Kamu bisa menjumpai gedung ini jika berkunjung ke Kota Shenzhen, Cina. Pemilik dari gedung pencakar langit ini adalah perusahaan Ping An Life Insurance.

Goldin Finance 117

Gedung kelima tertinggi di dunia masih terdapat di Cina, yakni Goldin Finance 117. Terletak di Kota Tianjin, gedung setinggi 597 meter ini memiliki lantai sejumlah 128. Memiliki desain arsitektur yang unik, bangunan ini digunakan untuk bisnis, perkantoran, dan aktivitas industri lainnya.

penyakit pada anak

Banyak Menyerang Anak-anak, Waspadai Penyakit Ini

game PC terbaik

6 Game PC Terbaik yang Penah Ada