in

5 Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membeli Foundation Secara Online

membeli foundation secara online
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Kalau kamu berencana membeli foundation di drug store atau counter kosmetik, tentu kamu tidak akan menemukan kesulitan karena beauty advisor hadir untuk membantu. Namun, bagaimana jika kamu berencana membeli foundation secara online?

  1. Kenali jenis kulit

Pertama-tama, pastikan kamu sudah mengetahui jenis kulit sebelum mulai mencari foundation yang sesuai. Sebab, foundation memiliki formula yang berbeda untuk setiap jenis kulit normal, kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi.

  1. Pilih foundation sesuai kebutuhan kulit

Sebagian foundation mencantumkan kecocokannya untuk kulit tertentu. Umumnya, foundation yang berformula bebas minyak lebih sesuai untuk kulit berminyak karena tidak membuat kulit semakin mengilap dan memberi hasil akhir matte. Untuk kulit kering, pilih foundation yang mengandung pelembap atau memberi hasil akhir yang dewy agar terlihat sehat dan lembap.

Setelah mengetahui jenis foundation yang sesuai, tentukan coverage yang diinginkan, apakah sheer, medium, atau full. Untuk hasil akhir yang terlihat natural, foundation sheer atau medium coverage adalah pilihan yang tepat. Lalu, kamu bisa pilih foundation dengan full coverage jika menginginkan hasil akhir yang terlihat bold.

  1. Pastikan sudah mengetahui undertone

Pastikan kamu tahu undertone atau warna dasar kulitmu untuk menghindari kesalahan dalam memilih shade. Undertone terbagi menjadi tiga, yaitu hangat, dingin, dan netral.

Seorang penulis buku best seller tentang skincare dan makeup terkenal, Paula Begoun, memberikan tips untuk menentukan undertone dengan melihat urat nadi. Urat nadi berwarna kehijauan menunjukkan undertone hangat, sedangkan urat nadi yang berwarna biru keunguan menunjukkan undertone dingin. Undertone netral dapat dilihat dari urat nadi yang berwarna biru kehijauan.

  1. Cari rekomendasi

Temukan rekomendasi di internet dengan keywords yang spesifik sesuai kebutuhan foundation yang kamu cari, misalnya “rekomendasi foundation untuk kulit kombinasi” atau “rekomendasi foundation matte full coverage”.

Umumnya, rekomendasi yang muncul disertai dengan ulasan sehingga memudahkan kamu untuk menentukan merek foundation yang paling sesuai. Setelah menentukan merek, telusuri lebih lanjut shades dari produk tersebut dan tentukan yang cocok sesuai undertone.

  1. Jika produk tidak sesuai ulasan

Meski telah melihat ulasan produk, tidak sedikit orang yang merasa kecewa karena produk yang datang tidak sesuai dengan ekspektasi. Untuk produk foundation, ketidaksesuaian dapat terjadi karena berbagai hal, seperti shade produk dalam foto atau video yang terdapat di ulasan tidak sama dengan aslinya karena faktor pencahayaan dan editing.

Meski produk yang datang tidak sesuai, bukan berarti produk tersebut tidak dapat dimanfaatkan. Penerapan make-up hacks akan sangat membantu kamu untuk mengatasi masalah seperti ini. Misalnya foundation yang terlalu terang dapat disesuaikan dengan mengaplikasikan bronzer, tetapi jika terlalu gelap, aplikasikan bedak dengan warna yang lebih terang.

penyebab ngantuk di pagi hari

Ternyata Ini Penyebab Ngantuk di Pagi Hari

produk gucci termahal

Harganya Selangit, Ini Dia 3 Produk Gucci Termahal