in ,

5 Jajanan Kaki Lima yang Aman Buat Anak

jajanan kaki lima
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Pernahkan gak sih Mom merasa bingung dan kesulitan mencari camilan yang sehat untuk anak. Momi juga pasti merasa khawatir kalau si anak akan membeli jajanan kaki lima. Nah, jangan khawatir Mom, ternyata ada sederet jajanan kaki lima yang aman dan justru menyehatkan untuk si buah hati. Berikut ini daftarnya.

jajanan kaki lima
Foto: Pixabay

1. Jagung rebus

Jagung rebus biasanya dijajakan dengan menggunakan gerobak dorong. Jagung ini masih utuh, lengkap dengan kulit dan rambutnya. Jadi, Mom tinggal kupas dan bersihkan dari helai-helai rambutnya dan anak tinggal gerogoti jagung manis dari tangkainya. Jagung ternyata bisa menjadi pengganti nasi lho, Mom. Sebab, satu tangkai jagung mengandung 3 gram serat dan hanya ¼ karbohidrat dari satu buah apel.

2. Kacang kedelai/edamame rebus

Edamame adalah bentuk dari kacang kedelai yang belum matang, bentuknya seperti kacang kapri tapi lebih besar dan montok. Seperti produk kacang kedelai lainnya, edamame juga merupakan sumber protein dan serat yang bagus, Mom. Satu cangkir edamame rebus mempunyai serat sebanyak 8 gram lho, Mom. Tahukah Mom bahwa kacang kedelai adalah satu-satunya sumber protein nabati yang mempunyai asam amino lengkap seperti protein hewani?

3. Potongan buah segar

Potongan buah segar bisa Mom dapatkan dari penjual rujak. Biasanya mereka mempunyai banyak pilihan seperti pepaya, nanas, semangka, dan melon. Keuntungan lainnya? Disajikan dingin sehingga cocok sekali untuk menenangkan anak yang mulai cranky.

4. Buah atap/kolang-kaling

Nah, walau jarang ada, tapi kadang ada penjual kolang-kaling lewat dan Mom bisa mendapatkan camilan rendah gula yang enak. Ini karena 100 gram kolang-kaling hanya mengandung 11 gram karbohidrat. Tapi, jangan beli yang sudah dimasak dengan sirup atau kalengan, ya, Mom.

5. Kacang tanah rebus

Kacang tanah juga merupakan sumber cemilan yang tinggi protein, tinggi kalori, dan tinggi lemak. Tinggi kalori dan lemak ini biasanya masih dibutuhkan oleh anak yang sedang masa pertumbuhan. Namun, batasi konsumsi kacang tanah sebanyak 1 genggam per harinya saja, ya, Mom.

Madu dan susu

Bikin Kulit Kinclong dengan Ramuan Masker Madu dan Susu

jenis musik

Tingkatin Produktivitas Kamu dengan 5 Jenis Musik Ini