in

5 Jenis Complexion, Wajib Tahu Bedanya!

Menutupi imperfection di wajah bisa dengan berbagai cara

jenis complexion
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Ada banyak jenis complexion di dunia make up. Pembeda utamanya adalah kekuatan complexion tersebut dalam menutup noda di wajah. Berikut ini 5 jenis complexion yang bisa kamu gunakan.

Tinted moisturizer

Seperti namanya, tinted moisturizer merupakan complexion yang bekerja dengan melembapkan wajah. Hanya saja, pelembap tersebut ditambahkan pigmen yang bisa kamu sesuaikan dengan warna kulitmu. Kekuatan tinted moisturizer dalam menutupi noda di wajah sangat lemah sehingga kamu butuh jenis complexion lain.

BB Cream

BB merupakan singkatan dari beauty balm. BB cream sendiri merupakan produk complexion yang memiiliki sedikit manfaat skin care di dalamnya. BB cream biasanya memiliki kandungan SPF yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari. Complexion ini hanya memiliki sheer coverage dibanding jenis lainnya.

CC Cream

Satu tingkat di atas BB cream ada CC cream. CC adalah singkatan dari color corecting. Seperti namanya, CC cream mengandung pigmen warna yang dapat meratakan warna kulit, menyamarkan noda di wajah, dan memberi kesan cerah pada wajah. CC cream memiliki tingkat coverage dari sheer hingga medium coverage. Jika kamu menginginkan make up tanpa pori-pori, CC cream bukan yang kamu cari.

Cushion

Keunikan cushion dibanding complexion lain adalah wadahnya yang berbentuk compact casing. Dengan wadah ini, cushion sangat praktis diaplikasikan dan dibawa ke mana-mana. Kamu tidak lagi membutuhkan brush atau sponge terpisah untuk mengaplikasikan cushion. Kamu bisa menggunakan puff yang sudah disediakan di dalam wadah.

Tingkat coverage cushion berbeda-beda tergantung merk dan jenis cushion. Biasanya, cushion berada pada sheer hingga high coverage. Teksturnya yang ringan bukan berarti tidak tidak bisa menutupi imperfection pada wajahmu. Beberapa cushion sama bagusnya dengan foundation, lho.

Foundation

Complexion yang satu ini merupakan produk yang memang dibuat untuk menyamarkan noda pada kulit wajah, meratakan warna kulit, dan menjadi alas untuk produk berikutnya. Foundation akan membantu wajahmu terlihat lebih flawless.

Coverage foundation pun beragam, mulai dari sheer hingga high coverage. Namun, umumnya complexion ini dibuat untuk benar-benar menutup noda dan pori-pori kulitmu.

aplikasi podcast

Belajar Asik dan Unik Lewat Podcast

bahaya pakai masker spirulina

Hati-hati, Ini Bahaya Pakai Masker Spirulina