in ,

5 Kebiasaan Ini Bisa Hilangkan Nutrisi dalam Susu Formula

nutrisi dalam susu formula
Foto: Pexels

Ngobrolin.id — Bagi ibu yang mengalami kendala dalam memberikan ASI, keberadaan susu formula tentu menjadi solusi yang sangat membantu. Susu formula mengandung banyak nutrisi untuk mencukupi kebutuhan gizi harian si buah hati karena susu ini memang diformulasikan untuk anak. Tapi, terkadang tanpa sadar Bunda melakukan kesalahan sehingga berakibat menghilangkan nutrisi dalam susu formula tersebut.

Hal itu biasanya berupa kebiasaan yang sering dilakukan dalam menyiapkan susu, yang ternyata cenderung salah dan membuat anak malah tak mendapatkan nutrisi yang optimal. Apa saja?

  1. Menyeduh susu dengan air panas dari dispenser biasa

Suhu panas air yang berasal dari dispenser biasanya tak mencapai suhu panas air yang dianjurkan untuk menyeduh susu. Untuk menyeduh susu, sebaiknya menggunakan air dengan panas mencapai 70° C.

Menyeduh susu dengan air yang kurang panas, tak hanya akan membuat bakteri jahat tetap hidup, tapi juga membuat bakteri baik menjadi tak teraktivasi. Jadi, usahakan untuk merebus dulu air untuk menyeduh susu formula hingga mendidih, diamkan sekitar 30 menit, baru kemudian digunakan.

  1. Membuat susu yang terlalu kental atau encer

Pada setiap kemasan susu formula, sudah dituliskan cara penyajian dari susu formula, termasuk banyak air untuk setiap sendok takar susunya. Namun, masih banyak yang melanggar aturan ini. Ada yang membuatnya terlalu kental, ada juga yang menjadikannya terlalu encer.

Memberikan susu formula yang terlalu kental, akan menyebabkan gangguan pencernaan pada anak serta risiko dehidrasi. Susu yang seharusnya dilarutkan dengan air panas, malah harus diolah kembali dalam ususnya. Akibatnya, anak rentan terkena konstipasi. Susu yang terlalu encer juga tak baik, lho, Bunda, karena akan merusak nutrisi dalam susu formula.

  1. Memberi anak susu formula, yang sudah lebih 2 jam dari saat penyajiannya

Badan kesehatan dunia atau WHO menyatakan bahwa susu formula hanya bisa bertahan dalam waktu 2 jam. Jika lebih dari itu, susu formula dipastikan sudah terkontaminasi oleh bakteri yang mungkin berasal dari botol atau udara sekitar botol susu berada. Jadi, jika susu yang Bunda buat sudah melebihi waktu tersebut, sebaiknya dibuang saja, ya.

  1. Menggunakan air mineral untuk menyeduh susu formula

Jangan menggunakan air mineral untuk melarutkan susu formula anak. Kandungan mineral serta sodium dalam air mineral begitu tinggi, melebihi asupan harian anak sehingga dapat mengganggu kesehatannya. Selain itu, kadar kalsium yang tinggi dalam air mineral berefek buruk pada organ ginjal anak.

  1. Menghangatkan susu formula lebih dari 10 menit

Jika Bunda menggunakan alat penghangat susu formula ataupun menghangatkan susu secara manual dengan merendamnya di air panas, pastikan jangka waktunya tak lebih dari 10 menit, ya. Semakin lama Bunda membiarkan susu formula kontak dengan udara bebas, akan semakin tinggi kemungkinan susu tersebut tak lagi steril dan terpapar bakteri dan kuman.

penerus Toyota Alphard

Begini Penampakan Penerus Toyota Alphard

Kartun Animasinopal

Di Balik Layar Animasinopal, Kartun Asli Indonesia