in

5 Keuntungan Tinggal di Rumah Sempit

keuntungan tinggal di rumah sempit
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Kepadatan penduduk dan terpusatnya kegiatan ekonomi menjadi penyebab minimnya lahan dan harga tanah yang melejit. Mengingat hal tersebut, sangat sulit memiliki rumah besar di perkotaan jika budget yang kamu miliki hanya sedikit. Kamu mungkin hanya bisa membangun rumah dengan ukuran yang minimalis. Tapi jangan salah, ada banyak keuntungan tinggal di rumah sempit, melansir Dekoruma.

  1. Rumah sempit lebih terjangkau

Apa pun cara yang kamu tempuh untuk memiliki rumah, baik membangun rumah sendiri, membeli secara tunai, maupun melakukan cicilan, biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh rumah sempit jauh lebih sedikit daripada membeli rumah berukuran besar.

Sekalipun kamu memiliki kemampuan untuk memperoleh rumah yang lebih besar, berinvestasi properti dalam bentuk rumah sempit dapat menjaga kestabilan kondisi finansial, lho. Jika kamu mencicil setiap bulan, harga rumah sempit yang rendah dapat membuatmu terhindar dari risiko utang yang lebih besar.

  1. Lebih menghemat pengeluaran

Dengan ukuran ruangan yang terbatas pada rumah sempit, kamu perlu melakukan adaptasi dalam hal menata rumah. Barang-barang yang digunakan hanyalah yang dianggap esensial sehingga tidak menghabiskan tempat. Kamu akan berpikir dua kali saat membeli barang, bahkan tidak ragu mereduksi jumlah barang agar rumah sempit tidak terasa sesak.

Selain itu, tinggal di rumah sempit dapat mendorong pemilik rumah untuk menerapkan gaya hidup hemat energi. Biaya perawatan rumah, seperti listrik dan air dapat ditekan. Lebih kecil ukuran ruangan, jumlah lampu yang digunakan juga lebih sedikit.

  1. Aktivitas tidak memakan waktu

Rumah yang terdiri atas ruangan-ruangan berukuran luas jelas memperlebar akses untuk pemiliknya berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Di rumah sempit, jarak antarruangan yang dekat memudahkan kamu untuk berganti aktivitas dengan cepat.

Keterbatasan luas dalam ruangan juga dapat mendorong kreativitasmu untuk memaksimalkan fungsi salah satu ruangan. Seperti ruang makan yang dapat beralih fungsi sebagai ruang kerja membuat kamu bisa melaksanakan dua aktivitas berbeda dalam satu ruangan.

  1. Perawatan rumah sempit lebih mudah

Semakin luas sebuah hunian, semakin besar tanggung jawab untuk merawatnya. Sebaliknya, rumah sempit memiliki jumlah ruangan yang lebih sedikit sehingga akan lebih cepat dan mudah saat dibersihkan. Hal ini akan sangat menguntungkan untuk kamu yang sibuk beraktivitas di luar rumah dan kesulitan mencari waktu untuk membersihkan rumah.

Karena jumlah barang di rumah sempit cenderung dibatasi, tidak banyak juga perawatan yang perlu dilakukan untuk menjaga furnitur, perabot, dan struktur bangunan agar tetap awet.

  1. Meringankan pikiran

Kenyamanan tinggal di dalam rumah tidak hanya bergantung pada estetika dan ukuran ruangan, rasa kepemilikan terhadap barang-barang juga memengaruhi perasaanmu. Semakin banyak barang yang kamu miliki, kamu akan lebih merasa terbebani. Dengan berupaya meminimalisir penggunaan barang karena tinggal di rumah sempit, kamu dapat merasa lebih bebas dan tenang.

Ukuran rumah memang dapat menandakan status sosial pemilik rumah, namun dengan keterbatasan yang ada tidaklah penting seberapa luas hunian yang ditinggali. Walaupun kamu tinggal di rumah sempit, hunian seberapa pun ukurannya selayaknya menjadi ruang tinggal yang nyaman. Dengan sejumlah keuntungan di atas, rumah sempit terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup pemiliknya.

kebiasaan sehat

Lima Kebiasaan Sehat yang Harus Dilakukan Wanita Usia 30-an

Penyebab noda hitam

Pelajari Penyebab Noda Hitam di Wajah