in

5 Makanan Khas Indonesia dari Serangga, Berani Coba?

Makanan khas Indonesia
Foto: Google Image

Ngobrolin.idMakanan khas Indonesia terkena dengan cita rasanya yang lezat. Namun ternyata, Indonesia juga memiliki makanan khas yang bahan dasarnya dari serangga. Membayangkannya saja mungkin buat kamu jijik. Tapi, gak ada salahnya buat dicoba karena makanan dari serangga ternyata menyimpan nutrisi yang baik untuk kesehatan, lho.

Makanan khas Indonesia
Foto: Google Image

Nah, berikut ini sejumlah makanan berbahan dasar serangga yang dilansir dari Liputan6com.

  1. Satai ulat sagu

Putih, gempal, dan berkepala merah. Itulah ulat sagu. Sesuai namanya, serangga tersebut berada di dalam pohon sagu. Selain mengolah sagu jadi papeda, masyarakat Papua juga memanfaatkan ulat pada pohon sagu. Untuk membuat satai ulat sagu, tinggal menusuk ulat sagu dengan tusuk satai dan dibakar di atas arang, layaknya satai ayam atau kambing. Bila kamu berkunjung ke Papua, jangan lupa mencicipi satai ulat sagu.

  1. Belalang goreng

Masyarakat di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta, dulunya banyak mengonsumsi belalang goreng. Belalang ditangkap dengan jaring di pohon atau semak-semak. Setelah ditangkap, belalang dibumbui dengan bawang putih, garam, dan ketumbar. Setelah itu, tinggal goreng serangga ini dalam minyak panas. Setelah matang, sajikan belalang goreng renyah nan gurih dengan nasi panas.

  1. Rempeyek laron

Jika biasanya isian rempeyek berupa kacang tanah atau kacang kedelai, yang satu ini lain. Rempeyek ini berisi laron. Laron yang biasanya muncul saat awal musim hujan ini dimanfaatkan untuk jadi ‘isian’ rempeyek. Laron tinggal dicampur dengan adonan rempeyek dan digoreng tipis-tipis dalam minyak panas.

  1. Botok tawon

Membayangkan rasa botok berupa kelapa parut yang gurih dan pedas memberi efek perut lapar. Namun, botok yang satu ini isiannya ditambah denganlarva tawon atau lebah madu. Botok tawon banyak dijumpai di Banyuwangi, Kediri, dan Blitar, Jawa Timur.

  1. Jangkrik goreng

Suara jangkrik yang khas sering terdengar di sawah ataupun kebun. Di balik suaranya yang nyaring, ternyata jangkrik bisa dijadikan makanan. Bila kamu berkunjung ke Ciamis, cobalah jangkrik goreng balado yang pedas dan gurih. Tak hanya di Indonesia, di Thailand, jangkrik pun populer untuk disantap. Cara mengolahnya mirip seperti belalang goreng.

Gimana? Apa kamu berani mencicipi makanan tersebut?

manfaat protein hair treatment

Manfaat Protein Hair Treatment Buat Rambutmu Makin Indah

mengurangi stres di alam bebas

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mengurangi Stres di Alam Bebas?