in

5 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Ini Sangat Menakjubkan

manfaat asam jawa
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Asam jawa merupakan buah yang memiliki rasa asam namun berbagai kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya cukup menakjubkan. Bahkan, manfaat asam jawa ini berguna untuk mengatasi penyakit serius, lho.

Asam jawa memiliki berbagai macam kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Misalnya saja kandungan vitamin B, vitamin C, mineral, zat anti-oksidan, dan juga beta karoten di dalamnya sangat direkomendasikan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Lalu, apa saja sih khasiatnya untuk kesehatan tubuh? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Melindungi pencernaan

Asam jawa bisa digunakan untuk melindungi pencernaan kamu. Kandungan vitamin dan mineralnya sangat baik untuk mendukung lancarnya sistem pencernaan. Kandungan senyawa polifenol di dalamnya juga mampu melindungi dan mengobati ulkus peptik atau luka pada bagian usus halus.

  1. Meredakan flu dan batuk

Kandungan vitamin C di dalam asam jawa lumayan banyak. Vitamin C tersebut mampu meredakan flu dan juga batuk. Sementara, rasa asamnya bisa memberikan efek rileks sehingga flu pun terasa lebih ringan. Minumlah secangkir air asam jawa setiap sore hari secara rutin.

  1. Dapat mengurangi kadar gula darah

Untuk orang yang memiliki kadar gula darah tinggi atau penderita diabetes juga dianjurkan untuk rutin mengonsumsi asam jawa, lho! Sebab, asam jawa memiliki kandungan enzim alfa-amilase yang bisa membantu mengurangi kadar gula dalam darah sehingga diabetes dalam tubuh dapat dinetralisir dan juga distabilkan.

  1. Mengatasi risiko tekanan jantung

Kandungan lainnya dalam asam jawa yang berkhasiat untuk tubuh adalah kandungan flavonoid. Kandungan flavonoid ini berguna untuk menurunkan kolesterol jahat sehingga dapat mengatasi risiko tekanan jantung.

  1. Menyembuhkan luka

Luka akibat terbentur benda keras bisa mengakibatkan infeksi dan peradangan. Sebaiknya, luka segera dibersihkan agar terhindar dari bakteri. Nah, asam jawa memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu membersihkan juga menyembuhkan memar pada luka.

YouTuber yang punya konten mistis

Deretan YouTuber yang Punya Konten Mistis

style kaftan

Ini yang Wajib Kamu Tahu tentang Style Kaftan