in ,

5 Manfaat Puasa di Tengah Pandemi

Meski masih pandemi, kamu tetap harus semangat menjalani puasa

puasa di tengah pandemi
foto: Unsplash

Ngobrolin.id — Tahun ini menjadi kali kedua umat Muslim melaksanakan puasa di tengah pandemi. Tentu tidak mudah dijalani karena ada banyak batasan yang masih tidak bisa dilakukan seperti sebelum-sebelumnya. Misalnya, buka bersama kawan-kawan, salat tarawih yang dibatasi jumlah jamaahnya, dan berbagai batasan lainnya. Meskipun demikian, puasa di tengah pandemi tetap memberikan banyak manfaat untuk kamu dan tubuh, lho! Simak ulasannya di bawah ini.

Detoks tubuh

Para ahli sudah menemukan manfaat dari membatasi asupan makanan, yakni membantu tubuh mencegah masalah kesehatan, seperti kolesterol tinggi, masalah jantung, meningkatkan rasa bahagia, dan obesitas.

Saat kamu tidak makan dari pagi hingga petang, itu artinya kamu memberikan kesempatan pada tubuh untuk mengistirahatkan sistem pencernaan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Tentunya, hal tersebut bisa didapatkan jika kamu menjaga pola makan selama berpuasa.

Pola makan yang baik selama bulan puasa adalah mengonsumsi makanan yang dipanggang atau direbus. Tidak ada pola makan khusus selama bulan puasa, kamu cukup memerhatikan pola makan seimbang dan proporsi nutrisi seperti karbohidrat, lemak, dan protein.

Membuat perasaan lebih bahagia

Setelah beberapa hari berpuasa, tubuh kamu akan terbiasa dengan pola makan baru. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kadar endorphin menjadi lebih tinggi di dalam darah. Kadar endorphin yang meningkat bisa membuat kamu lebih bahagia dan berdampak pada kesehatan mental.

Lebih fokus sama ibadah dan aktivitas rutin

Segala batasan yang ada pada puasa di tengah pandemi sebenarnya bisa menguntungkan kamu, lho! Kamu bisa jadi lebih fokus beribadah dan melakukan aktivitas rutin. Gak ada rentetan jadwal buka bersama dengan teman SD, SMP, SMA, kuliah, komunitas, dan lain-lain. Meskipun ada, paling jumlahnnya tidak begitu banyak. Dengan begitu, quality time sama keluarga pas buka puasa jadi lebih intens.

Gak boros bukber

Siapa yang sering tekor ketika bulan puasa karena banyaknya jadwal bukber. Nah, saat pandemi pasti jadwal bukber kamu jadi berkurang banyak, kan?! Sadar gak sih, hal tersebut justru malah bisa membuat pengeluaran kamu tidak membengkak.

semangat di bulan puasa

6 Hal yang Harus Dihindari agar Semangat di Bulan Puasa Gak Kendor

drama snowdrop

Kronologi Munculnya Petisi Hentikan Drama Snowdrop