in ,

5 Olahraga Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Setiap Pagi

Olahraga sederhana
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Sudah tahu belum? Olahraga sederhana di pagi hari dapat membantu berpikir kreatif, fokus, dan memiliki memori yang baik saat bekerja, lho. Latihan di pagi hari juga dapat membantu tidur lebih baik ketika malam hari. Nah, inilah lima latihan olahraga yang bisa dilakukan untuk memulai hari kamu.

Foto: Pixabay

1. Berjalan

Kalau kamu punya pekerjaan yang tidak membuatmu tetap aktif, berjalan bisa menjadi latihan yang bagus untuk membuat tubuh bergerak lebih awal. Berjalan juga bagus karena olahraga ini berdampak rendah dan bagus untuk mereka yang menderita sakit lutut atau sendi. Mulailah dengan jalan cepat 15 sampai 20 menit. Kamu dapat menambah waktu dan mengatur alarm lebih awal agar berjalan lebih lama di setiap pagi.

2. Berenang

Berenang adalah latihan seluruh tubuh yang menggunakan sistem ketahanan kardiovaskular dan sistem daya tahan otot. Manfaat lain dari berenang adalah membantu menguatkan otot dengan media air. Dampaknya pada tubuh sama seperti ketika melakukan olahraga lari atau latihan kekuatan. Jika tidak kuat berenang, kamu bisa memulai dengan melakukan berjalan di air.

3. Pelatihan interval intensitas tinggi

Kamu bisa melakukan ini dengan banyak cara. Contoh mudahnya, yaitu menggunakan sepeda statis. Kamu akan mulai dengan pemanasan 5—10 menit untuk meningkatkan detak jantung dan aliran darah ke otot. Selanjutnya, resistensi latihan sepeda sekitar 70 persen.

Kayuh dengan kecepatan intens selama 30—45 detik. Turunkan intensitasnya menjadi 25 persen usai kecepatan intens. Lakukan fase pemulihan yang berjalan lebih lambat selama 90—120 detik. Kamu juga bisa melakukan tiga hingga delapan putaran lari dan diikuti dengan pendinginan selama lima sampai sepuluh menit.

4. Circuit training

Circuit training menggabungkan beberapa prinsip yang sama dengan pelatihan interval intensitas tinggi. Kamu bisa mulai dengan melakukan 3—4 latihan dan melakukan semuanya berturut-turut, masing-masing selama 30 detik, kemudian beristirahat sekitar 90 detik sebelum melakukannya lagi. Selanjutnya, kamu bisa melakukan 4—5 latihan. Contoh latihan ini di antaranya push-ups, planks, jump squats, leg lifts, dan bodyweight squats.

5. Pelatihan interval intensitas rendah

Pelatihan ini mengambil konsep yang sama dengan alternatif intensitas tinggi. Hanya saja intensitasnya yang berbeda. Seperti yang dilansir dari Life Hack, Senin (11/2), dasar-dasar latihannya adalah mulailah berjalan dengan kecepatan normal kamu selama tiga sampai lima menit. Mulai jogging ringan atau jalan cepat selama 90 detik.

Kembalilah ke langkah rutin kamu selama 3—5 menit. Ulangi rangkaian latihan selama 30 menit. Latihan interval intensitas rendah bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan secara bersamaan.

pelajaran matematika

Trik Supaya si Buah Hati Suka Pelajaran Matematika

Love Yourself

BTS Tambah Jadwal Tur Konser ‘Love Yourself,’ Indonesia Belum Ada