in

5 Palung Terdalam di Dunia, Ada yang Dekat Indonesia

Titik terdalam bumi bukan berada di daratan, tapi jauh di tengah lautan

palung terdalam di dunia
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Pernahkah terlintas di pikiranmu untuk menyambangi titik terdalam dari bumi? Alih-alih di daratan, kamu justru bisa menemukan titik terdalam bumi berada di tengah lautan. Daerah tersebut dijuluki sebagai palung. Berikut ini 5 palung terdalam di dunia, bahkan ada yang sangat dekat dengan Indonesia.

Palung Mariana

Menempati urutan pertama adalah Palung Mariana yang berada di kawasan Samudera Pasifik. Palung ini memiki kedalaman hingga 10,91 kilometer. Palung ini berbentuk bulan sabit yang terdapat di antara Jepang, Filipina, dan bagian timur Indonesia.

Suhu di dalam palung bisa mendekati titik beku. Namun, di bagian dasar palung terdapat lubang hidrotermal yang mengeluarkan zat bersuhu hingga 300 derajat Celcius. Sebagai salah satu bagian bumi yang sangat sulit dijamah, Palung Mariana masih menyimpan banyak misteri hingga sekarang.

Palung Tonga

Masih di Samudera Pasifik, kita akan menemui palung terdalam di dunia nomor dua. Palung ini bernama Palung Tonga. Dinamakan demikian karena berada di dekat Negara Tonga yang merupakan bagian dari persemakmuran Inggris. Kedalaman Palung Tonga mencapai 10,88 kilometer di bawah permukaan laut.

Palung Filipina

Palung dengan kedalaman mencapai 10,54 kilometer ini terletak di bagian timur Filipina. Titik terdalam palung ini berada di Teluk Galathea. Palung ini sendiri mengarah ke daerah Pulau Maluku bagian utara, tepatnya di Halmahera. Dibandingkan palung lain, Palung Filipina konon berusia lebih muda dan baru terbentuk pada zaman plio-pleistosen.

Palung Kuril-Kamchatka

Palung terdalam di dunia berikutnya masih berada di Samudera Pasifik. Dengan kedalaman mencapai 10,5 kilometer, palung ini terletak di sektiar Pulau Kuril dan pesisir Kamchatka di kawasan perbatasan Jepang dan Rusia. Aktivitas pergerakan lempeng di daerah palung ini sering berakibat pada gempa bumi yang melanda kedua negara.

Palung Kermadec

Berada di wilayah timur Australia, palung ini memiliki kedalaman hingga 10,04 kilometer. Bersama dengan Palung Tonga, Palung Kermadec membentuk subduksi Kermadec-Tonga dengan panjang mencapai 2.000 kilometer. Penelitian yang dilakukan pada 2012 di palung ini menunjukkan adanya spesies ampipoda raksasa di bagian terdalamnya. Selain itu, masih banyak spesies lain yang menarik untuk dikaji lebih lanjut.

 

 

olahan mangga kekinian

Olahan Mangga Kekinian, Wajib Coba!

penyakit pada anak

Banyak Menyerang Anak-anak, Waspadai Penyakit Ini