in

5 Penyebab Mabuk Perjalanan yang Harus Kamu Hindari

penyebab mabuk perjalanan
Foto: Google Image

Ngobrolin.id —Ketika kamu sedang dalam perjalanan ke tempat yang jauh dan merasa mual, pusing, bahkan sampai muntah pasti sangat menyebalkan. Mood kamu bisa langsung berubah dan kondisi kesegaran tubuhmu juga menurun. Nah, sebenarnya apa sih penyebab mabuk perjalanan?

  1. Rute jalan yang berkelok-kelok

Tak semua rute perjalanan selurus jalan tol. Kadang untuk sampai di tujuan memang harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan tidak rata sehingga mobil pun harus mengikuti belokan yang kadang disertai tikungan. Jika kondisi tubuh sedang tak sehat, belokan tajam di jalanan bisa membuat perut serasa diaduk-aduk, dan kemudian mabuk darat tak bisa dihindari.

  1. Membaca buku di dalam mobil

Mabuk darat biasanya disebabkan ketika telinga dalam dan mata kita tidak sinkron saat tubuh bergerak. Ketika kamu membaca buku di dalam mobil, penglihatanmu tetap fokus pada tulisan, sedangkan telinga dalammu mendeteksi adanya belokan dan guncangan. Ketidakseimbangan sensor ini akan membuatmu mual, mungkin karena otak mengira kita sedang makan sesuatu yang beracun sehingga membuat kita berhalusinasi.

  1. Udara di mobil pengap atau tidak sedap

Salah satu hal yang tidak menyenangkan saat di perjalanan adalah kondisi mobil yang tidak sesuai. Terlebih jika kamu pergi pakai mobil rental, kadang kondisi mobil yang seadanya membuat sirkulasi udara tidak baik dan berujung pada kondisi udara dalam mobil yang pengap dan tidak sedap.

  1. Terlalu lama melihat layar handphone

Sama seperti membaca buku, terlalu lama melihat layar handphone juga bisa bikin mual dan mabuk darat. Intensitas cahaya yang terlalu terang atau cahaya berkedip-kedip di layar handphone kadang bisa membuat kita merasa mual dan pusing.

  1. Kondisi perut yang memang sedang tidak bersahabat

Jika nomor satu sampai empat sudah dihindari tapi masih mabuk darat juga, mungkin memang kondisi tubuhmu yang tidak bersahabat. Bisa jadi kamu belum sarapan, atau malah makan terlalu banyak sehingga lambungmu terlalu penuh dan bisa berdampak pada kesehatanmu saat sedang bepergian.

Apa pun keadaannya, pastikan kondisi tubuhmu prima saat sedang pergi. Kamu gak mau kan saat jalan-jalan selanjutnya kamu masih merasakan mabuk darat lagi? Duh, ini adalah hal yang paling nggak enak.

Cara Menghindari Bahaya Polusi Udara

teknologi yang diprediksi akan punah

7 Teknologi yang Diprediksi akan Punah 10 Tahun Mendatang