in

5 Perkara yang Membatalkan Puasa

Jangan sampai puasa kamu jadi batal, ya!

membatalkan puasa
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Selama berpuasa, kamu perlu menjaga batasan-batasan agar puasa kamu tidak batal. Pasalnya, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan karena hal tersebut bisa membatalkan puasa. Berikut ini Tim Ngobrolin rangkum beberapa hal yang dapat membatalkan puasa.

Makan, minum, dan kegiatan lain yang memasukkan sesuatu ke rongga badan

Kamu pasti sudah paham banget kalau makan dan minum menjadi salah satu penyebab batalnya puasa, karena hal tersebut sudah diajarkan sedari kecil ketika baru mulai belajar puasa. Berbeda cerita jika kamu tidak sengaja makan atau minum saat puasa karena lupa, puasa tidak batal dan kamu harus melanjutkan puasa kembali.

Sementara itu, jika saat puasa kamu diharuskan suntik (diinjeksi) obat untuk kepentingan pengobatan dan penyuntikan tersebut tidak dapat menghilangkan rasa lapar serta haus, hal tersebut masih diperbolehkan.

Muntah dengan sengaja

Sengaja membuat diri muntah merupakan tindakan membatalkan puasa. Namun, jika ia muntah karena kondisi atau sedang sakit, puasanya tidak batal.

Nabi Muhammad saw. berkata: Barangsiapa yang terpaksa muntah, sedang ia dalam berpuasa, maka tidak wajib atasnya qada; dan barangsiapa yang muntah dengan sengaja maka hendaklah ia mengqada (puasanya). (Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Trimidzi, Nasai, Ibnu Madjah, dan Hakim dari Abu Hurairah r.a.)

Bersetubuh

Bersetubuh atau melakukan hubungan seksual secara sengaja saat berpuasa juga bisa membatalkan ibadah puasa yang tengah dijalani. Tak hanya membatalkan puasa, seseorang yang bersetubuh saat puasa harus membayar kifarat berupa memerdekakan hamba sahaya, berpuasa selama 60 hari (dua bulan) selama berturut-turut, atau memberi makan 60 orang fakir atau miskin (tiap orang ¾ liter).

Keluar mani karena sebab yang disengaja

Keluar mani atau sperma karena sebab yang disengaja dapat membatalkan puasa. Mani tersebut bisa keluar dengan sengaja saat ciuman, bersentuhan, dan lain-lain. Sementara, apabila mani keluar karena hal yang tidak disengaja seperti mimpi basah, hal tersebut tidak membuat puasa batal.

Keluar haid, nifas, dan wiladah (melahirkan)

Seseorang wanita yang mengalami haid, nifas, dan wiladah (melahirkan) dilarang berpuasa karena kondisi tersebut merupakan salah satu penyebab batalnya puasa.

salat tarawih

Pedoman Salat Tarawih, Salat Idulfitri dan Iktikaf di Bulan Puasa 2021

bukit algoritma

Mengenal Bukit Algoritma yang Bakal Jadi Silicon Valley-nya Indonesia