in ,

5 Permainan Zaman Dulu yang Bikin Capek

permainan zaman dulu
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Zaman dulu, teknologi masih belum secanggih sekarang dan tentunya sarana hiburan berbasis teknologi masih sangat sulit diakses. Makanya, zaman dulu anak-anak lebih sering main di luar rumah. Selain itu, zaman dulu masih banyak tersedia lahan kosong yang bisa digunakan untuk bermain sehingga anak-anak bermain dengan aman. Nah, buat kamu yang rindu masa kecil, berikut ini Tim Ngobrolin rangkum permainan zaman dulu yang bikin capek tapi asyik.

Galasin

Permainan galasin membutuhkan dua kelompok pemain dengan jumlah anggota yang sama. Kelompok yang kalah harus menjaga area mereka agar tidak ditembus oleh kelompok yang menang. Tiap anggota kelompok yang kalah berjaga pada baris yang sudah ditentukan, gerak mereka hanya bisa ke kanan dan ke kiri.

Baris pertahanan tersebut tersusun berlapis-lapis sehingga kelompok lawan harus melewati baris pertahanan tersebut tanpa terkena penjaga di setiap lapisan pertahanan.

Bentengan

Permainan ini juga membutuhkan dua kelompok pemain dengan jumlah anggota yang sama. Cara bermainnya cukup mudah, tiap kelompok harus menggugurkan anggota kelompok lawannya agar mereka mudah merebut benteng lawan.

Petak umpet

Siapa yang tidak tahu petak umpet, permainan lagendaris yang masih sering dimainkan hingga saat ini. Cara bermainnya cukup mudah, seluruh anggota harus gambreng terlebih dahulu untuk menentukan siapa yang kalah. Orang yang kalah harus menutup mata dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, sedangkan yang lainnya bersembunyi.

7 batu pahlawan

Permainan 7 batu pahlawan hampir mirip dengan petak umpet, bedanya kali ini menggunakan media batu untuk menentukan siapa jaga. Tiap anggota secara berurutan akan melempar benda ke arah susunan batu hingga hancur. Jika orang pertama berhasil menghancurkan susunan batu tersebut, orang kedua yang jaga dan dia harus merapikan susunan batu tersebut sebelum mencari teman-teman yang sedang bersembunyi.

Teman-teman yang bersembunyi harus menghancurkan susunan batu tersebut agar yang jaga harus berjaga kembali. Namun, jika yang jaga berhasil menemukan teman-teman yang lain, waktu berjaganya berakhir.

Kuda tomplok

Seluruh pemain dibagi menjadi dua kelompok, kelompok yang kalah harus berpura-pura menjadi kuda. Satu orang bertugas menjadi kepala untuk melakukan suit dan anggota kelompok yang lainnya menjadi badan kuda, tugas mereka menahan beban anggota kelompok yang memang. Nah, kelompok yang menang harus berhasil menaiki badan kuda tersebut agar bisa suit dengan seseorang yang menjadi kepala kuda.

 

 

 

manfaat masker organik

5 Manfaat Masker Organik yang Sayang Banget Dilewatkan

tren minimalis

Minimalis Masih Menjadi Tren Fashion yang Digemari di 2021