in

5 Seni Melukis yang Unik, Salah Satunya dari Indonesia

Seni-seni mengagumkan yang bikin berdecak kagum

seni melukis yang unik
Foto: instagram vinacandrawati

Ngobrolin.id — Berbagai kesenian lahir di dunia, salah satunya adalah seni lukis. Seiring perkembangan zaman, berbagai jenis seni lukis pun terus berkembang. Tak terkecuali dengan beberapa seni melukis yang unik berikut. Tak disangka, ada yang dari Indonesia, lho.

Anamorphosis

seni melukis yang unik
Foto: asiber.ifs.hs

Seni ini memungkinkan sang seniman membuat potret yang tampak abstrak jika dilihat secara langsung. Kamu membutuhkan alat bantu untuk melihatnya tampak lebih indah. Seni ini juga disebut sebagai seni mendistorsi gambar. Jadi, gambar hanya bisa dilihat dari satu sudut pandang tertentu.

Beberapa media yang biasa digunakan untuk melihat gambar ini adalah cermin berbentuk silinder, cermin berbentuk kerucut, ataupun piramida. Seni ini termasuk jenis seni yang membutuhkan banyak perhitungan, pemikiran, imajinasi, dan kreativitas yang tinggi.

Fotorealisme

seni melukis yang unik
Foto: instagram scottjacobartswork

Salah satu aliran seni melukis yang unik adalah realisme. Aliran ini mengharuskan seniman menampilkan objek dengan detail yang hampir menyerupai sosok aslinya. Fotorealisme merupakan metode melukis yang lebih detail daripada realisme.

Seni melukis yang satu ini sangat memerhatikan detail. Hasil karyanya pun tampak sangat mirip seperti foto. Sebutan lain dari teknik fotorealisme adalah super-realisme dan hyperrealisme.

Seni lukis pasir

seni melukis yang unik
Foto: instagram vinacandrawati

Dikenal juga dengan seni animasi pasir, para seniman biasanya berkarya dengan menggunakan boks berisi pasir. Mereka akan menggambar adegan demi adegan cerita dengan menggunakan pasir. Seniman lukis pasir ini biasanya menggunakan tangan dan beberapa alat bantu.

Untuk menikmati seni lukis pasir, biasanya digunakan layar proyektor yang menampilkan lukisan di waktu yang bersamaan. Cara lainnya adalah dengan merekam adegan tiap adegan yang kemudian membentuk cerita. Seni melukis yang unik ini biasa dipadukan dengan pembacaan cerita atau nyanyian tertentu.

Gourd Art

seni melukis yang unik
Foto: pixabay

Seni ini berasal dari Afrika kuno, beberapa daerah di Asia, dan suku asli Amerika. Media yang digunakan untuk melukis adalah labu kering. Tak hanya lukisan, pada labu kering tersebut juga biasanya dilakukan pengukiran dan pemolesan. Hasil akhir dari seni gour art ini digunakan sebagai mangkuk atau vas.

Batik

seni melukis yang unik
Foto: pixabay

Siapa yang tidak tahu batik? Salah satu warisan dunia yang sudah diresmikan oleh UNESCO ini menjadi kebanggaan Indonesia. Batik sendiri dibuat dengan melukis kain menggunakan bahan berupa lilin.

Lilin ini kemudian dicairkan hingga membentuk suatu pola yang indah. Pewarnaan batik dilakukan dengan merendam batik yang sudah diberi motif ke dalam pewarna. Pewarna yang digunakan bisa dari pewarna alami ataupun tekstil. Jika sudah, kain batik direndam dalam air mendidih untuk melunturkan lilin yang digunakan.

Kuliner khas Kalimantan Tengah

Hidangan ala Kalimantan Tengah yang Menggugah Selera

makanan praktis mendaki gunung

Makanan Praktis yang Perlu Kamu Bawa Saat Mendaki