in ,

5 Tips Ampuh Basmi Jamur di Rumah Pakai Minyak Cengkih

Jamur di Rumah
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Jamur bisa dengan mudah tumbuh di daerah lembap atau di rumah dengan ventilasi yang buruk. Jika tumbuh di rumah, jamur seringkali menyebabkan kerusakan yang luas, misalnya pada dinding, langit-langit, panel kayu, dan karpet. Ini tentunya bikin kamu sebal kan? Kira-kira, ada nggak sih tips untuk membasmi jamur di rumah dengan cara yang simpel?

Jamur di Rumah
Foto: Google Image

Buat sebagian orang, menghilangkan jamur bisa menjadi pekerjaan sulit sekaligus mahal. Bahan kimia yang disemprotkan pada jamur malah justru berpotensi merugikan kesehatan. Untungnya, ada solusi sederhana menghilangkan jamur yang ramah lingkungan sekaligus relatif aman, yaitu menggunakan minyak cengkih.

Minyak cengkih diekstrak dari kuncup, batang, dan daun cengkih. Minyak cengkih mengandung senyawa antiseptik yang disebut eugenol yang secara efektif membunuh jamur dan spora. Berikut ini tips membasmi jamur dengan minyak cengkih.

  • Gosok area berjamur dengan sikat yang sudah dicelupkan ke dalam air panas. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan jamur yang terlihat dan untuk mempersiapkan area untuk langkah berikutnya. Gosok permukaan dengan kain atau tisu untuk mengangkat sisa jamur dan kotoran.
  • Siapkan larutan 4 gelas air dan 1 sendok teh minyak cengkih dalam botol semprot. Air panas atau hangat akan sama-sama efektif. Agar lebih aman, gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda.
  • Semprotkan larutan minyak cengkih ke daerah yang ditumbuhi jamur hingga benar-benar basah. Biarkan selama 10 hingga 15 menit dan usap dengan kain. Idealnya, Anda akan melihat jejak jamur kehitaman turut lenyap.
  • Semprotkan sedikit lagi minyak cengkih ke permukaan yang sebelumnya ditumbuhi jamur. Kali ini jangan menyeka area tersebut. Minyak cengkih akan menghambat pertumbuhan jamur dan efektif membunuh spora yang tersisa.
  • Semprotkan larutan minyak cengkih secara teratur satu atau dua kali per bulan untuk mencegah jamur tumbuh kembali.
jenis sandal

Jenis Sandal yang Bisa Dipakai Pria, Kamu Nyaman Pakai yang Mana?

Makanan Berprotein Tinggi yang Pas untuk Pembentukan Otot