in ,

5 Tips Jitu Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Cegah bibir kering ketika puasa dengan cara-cara ini!

bibir kering
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Salah satu permasalahan yang kerap timbul ketika berpuasa adalah bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi tersebut wajar terjadi karena tubuh mengalami kekurangan cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Nah, bibir kering saat puasa menjadi salah satu tanda dari dehidrasi tersebut.

Buat kamu yang sedang mengalami permasalahan tersebut, Tim Ngobrolin punya beberapa rekomendasi cara untuk mencegah bibir kering saat puasa.

Jangan lupa minum air putih

Karena penyebab utama bibir kering adalah kekurangan cairan, kamu perlu rajin minum air putih pada saat berbuka dan sahur. Kamu perlu minum air putih minimal 8 gelas sehari. Biar gak kembung karena langsung minum 8 gelas, kamu bisa membaginya menjadi 3 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 3 gelas pada malam hari.

Hindari kebiasaan menjilat bibir

Terkadang, kita gak sadar ketika bibir kering, lidah langsung refleks menjilat bibir agar bibir terasa lebih lembap dan basah. Ternyata, kebiasaan tersebut malah dapat memperparah kondisi bibir, lho!

Gunakan lip balm

Jika bibir sudah telanjur pecah-pecah, kamu bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan lip balm atau pelembap bibir yang biasa kamu gunakan. Gunakan lip balm yang lembut berbahan beeswax, shea butter, dan coconut butter. Kandungan-kandungan tersebut terkenal dapat melembapkan bibir secara alami.

Hindari penggunaan lip balm yang mengandung pewangi atau alkohol yang terlalu kuat karena kandungan tersebut bisa membuat bibir semakin sensitif.

Lidah buaya atau madu

Lidah buaya dan madu sama-sama dapat melembapkan bibir secara alami dan mencegah bibir pecah-pecah. Tapi, jangan gunakan madu ketika sedang berpuasa, bahaya kalau tiba-tiba madu tersebut lumer dan masuk ke rongga mulut lalu tertelan.

Gunakan lidah buaya atau madu pada malam hari sebelum tidur. Treatment ini perlu dilakukan secara rutin agar kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Rajin mengonsumsi sayur dan buah

Mengatasi bibir kering saat puasa tidak hanya dapat dilakukan dari luar, tetapi juga dari dalam. Makanan yang mengandung vitamin A, E, C, antioksidan, dan lemak esensial sudah terbukti mampu menjaga kelembapan bibir selama berpuasa. Nah, nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan dari sayur dan buah.

drama snowdrop

Kronologi Munculnya Petisi Hentikan Drama Snowdrop

perpanajng SIM

Perpanjang SIM Sudah Bisa Sambil Rebahan Lewat Aplikasi Sinar