in

5 Trik Mengenalkan Makanan Baru pada Anak

mengenalkan makanan baru pada anak
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Bunda, mengenalkan makanan baru pada anak perlu menggunakan trik tertentu supaya si buah hati mau dan berselera dengan makanan itu. Ada 5 prinsip yang harus Bunda jalankan. Dikutip dari Health US News, berikut ini prinsip mengenalkan makanan baru pada anak supaya tidak ada penolakan yang berujung keputusasaan para ibu.

  1. Dipersiapkan

Menurut penelitian, 8 hingga 50 persen anak-anak mengalami pilih-pilih makanan. Ini sering terjadi pada anak balita dan prasekolah. Ketidaksukaan pada makanan bisa saja bersifat turun-temurun. Karena itu, Bunda jangan menunjukkan ketidaksukaan terhadap makanan tertentu di depan si buah hati, ya.

  1. Tetapkan harapan yang tepat

Sayuran memiliki rasa pahit sehingga untuk benar-benar suka dengan sayuran dibutuhkan waktu dan banyak pengalaman. Anak-anak memiliki selera yang bervariasi. Ini disebabkan oleh pertumbuhan yang lebih lambat pada balita dibanding pertumbuhan bayi yang lebih cepat. Dengan begitu, diperlukan kesabaran jika harapan Bunda terhadap makanan sehat akan disukai si kecil.

  1. Jangan ikut campur

Bunda, sebaiknya jangan terlibat terlalu dalam soal makanan anak. Sebuah studi menunjukkan kalau tekanan untuk makan dapat menyebabkan berkurangnya nafsu makan, tidak tertarik pada makanan, dan lebih banyak pilih-pilih. Menyuapi makanan sehat dengan iming-iming makanan manis juga dinilai salah. Akhirnya, anak-anak lebih suka makanan manis daripada sayuran.

  1. Ekspos, ekspos, eksposur

Jangan pernah bosan. Kata ini selalu jadi kunci agar anak menyukai makanan sehat. Para ilmuwan telah menemukan ini dan mencari cara paling ampuh untuk membantu anak-anak menerima banyak jenis makanan yang berbeda. Mengekspos anak-anak secara langsung pada makanan yang tidak mereka sukai dapat membantu mereka mengatasi ketidaksukaan pada makanan tertentu.

  1. Jangan emosi

Si kecil yang menolak makanan bisa membuat Bunda kesal. Tapi, harus Bunda tahu kalau marah, kecewa, dan jengkel dapat memengaruhi motivasi makan anak. Emosi juga dapat menambah stres saat makan dan kontraproduktif dengan mencoba makanan baru. Karena itu, kenalkan si kecil dengan makanan baru tanpa tekanan. Ajak ia bermain dengan makanan sehat. Ingat, belajar mencicipi, makan, dan menyukai makanan baru adalah proses yang bertujuan membutuhkan kesabaran dan ketekunan.

layanan baru traveloka

12 Layanan Baru Traveloka yang Lebih dari Sekadar Traveling

ngirit bensin

Nyetir Pakai Trik Ini Bisa Ngirit Bensin