in , ,

6 Bunga yang Bisa Dimakan

Gak cuma sekedar cantik, bunga-bunga ini ternyata juga bisa dimakan

bunga yang bisa dimakan
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Tanaman hias yang selama ini terkenal untuk menambah nilai estetika sebenarnya juga bisa dimakan, lho. Tidak semuanya sih, tetapi ada beberapa jenis bunga yang cantik dan bisa kamu konsumsi. Berikut ini beberapa jenis bunga yang bisa dimakan atau edible flower. Tertarik untuk mencobanya?

Lavender

Bunga lavender terkenal sebagai tanaman hias yang bisa mengusir nyamuk. Ternyata, selain mengusir nyamuk, bunga lavender juga bisa kamu konsumsi, lho! Rasa bunga lavender sangat khas karena memiliki sensasi mint. Bunga lavender bisa dijadikan sebagai penghias hidangan yang manis. Gunakan seperlunya karena sedikit saja sudah sangat cukup.

Dandelion

Dandelion memiliki sosok bunga yang sangat indah dan sederhana. Bunga dandelion yang masih muda rasanya manis. Rasa bunga ini hampir mirip dengan madu. Namun, jangan sekali-kali kamu mencoba dandelion yang sudah tua karena rasanya cenderung pahit.

Echinacea

Echinacea yang cantik ternyata juga bisa dikonsumsi sebagai tanaman obat karena di dalamnya terkandung beberapa senyawa yang baik untuk tubuh. Tanaman hias ini berguna sebagai obat masuk angin, lho! Bunga echinacea juga berfungsi sebagai garnish agar hidangan terlihat lebih cantik. Namun, bagian kelopak bunga tanaman tidak bisa dimakan.

Calendula

Calendula memiliki rasa yang cukup beragam, mulai dari pedas, pahit, hingga tajam. Bunga ini sering dibuat sebagai campuran skincare. Kelopak bunga calendula yang dicampur ke dalam makanan bisa membuat warna makanan tersebut menjadi lebih kuning.

Mawar

Mawar, tanaman hias yang paling mudah untuk ditemui. Bunga mawar sering digunakan sebagai lambang kasih sayang. Ternyata, bunga kasih sayang ini bisa dimakan, lho! Rasanya cukup bervariasi, bergantung pada warna bunga tersebut. Semakin gelap warna kelopaknya, akan semakin kuat rasanya. Pada dasarnya semua jenis mawar bisa dimakan, tetapi kamu harus membuang bagian yang putih di bagian kelopaknya karena rasanya cukup pahit.

Nasturtium

Semua bagian bunga nasturtium terbilang aman dikonsumsi, mulai dari kelopak, daun, hingga biji tanaman. Bunga nasturtium dapat menimbulkan rasa yang sedikit pedas, rasanya hampir mirip dengan selada air dan lobak.

jackson wang

Kolaborasi Afgan dan Jackson Wang, Project Rahasia yang Tertunda Akibat Pandemi

film Minari

Minari, Film Korea Populer yang Masuk Nominasi Oscar 2021