in

6 Cara Membuat Resolusi Tahun Baru, Pasti Tercapai!

tips dan trik membuat resolusi yang baik

cara membuat resolusi
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Bagaimana dengan dirimu di tahun 2019? Tahun baru sudah semakin dekat. Artinya, kamu akan menyambut 12 bulan baru yang harus kamu jelajahi dengan beragam pengalaman yang belum diketahui. Sudahkah kamu mencoba untuk membuat resolusi 2020? Kalau belum, perhatikan cara-cara membuat resolusi di bawah ini agar kamu mampu membuat resolusi yang tepat untuk diri kamu.

Tentukan tujuan hidup kamu

Setiap individu memiliki tujuan hidup masing-masing, dan tujuan itu hanya diketahui oleh diri sendiri. Sebaiknya sebelum menentukan resolusi yang ingin dicapai, kamu harus memahami dengan baik apa tujuan hidup kamu di tahun yang akan datang. Ketika kamu sudah memahaminya, kamu akan bertanya pada diri sendiri: ‘bagaimana caranya untuk mendapatkannya’.

Ketika tujuanmu sudah terbentuk dengan jelas, kamu bisa memulai dengan mengukur tujuanmu sesuai dengan kemampuan. Tentukanlah pilihan yang bisa untuk dicapai, relevan, dan mampu ditargetkan dengan waktu. Kamu bisa merincikan tujuanmu dengan konsep SMART (specific, measureable, achieveable/attainable, relevant, dan time-based).

Renungkan kesalahan dan kekurangan masa lalu

Manusia pasti pernah salah. Wajar, kok jika kamu di sepanjang 2019 pernah mengalami kesalahan. Namun, kamu harus bisa juga menjadikan kesalahan tersebut sebagai pelajaran untuk tidak mengulanginya.

Kamu bisa merenungi kekurangan dan kesalahan yang sudah diperbuat agar kamu bisa dengan mudah menentukan kemampuan diri dalam menuliskan resolusi yang semakin tepat dengan kamu banget.

Tuliskan keberhasilan kamu di tahun sebelumnya

Hidup memang seperti roller coaster, kadang di bawah kadang di atas, kadang berhasil dan kadang pula gagal. Ketika kamu berhasil, tuliskan keberhasilan itu, agar kamu bisa mengingat dan mengukur diri kamu. Mencatat kemajuan dan kegagalan dalam hidup mampu membantu kamu mengidentifikasi siapa diri kamu.

Tuliskan dalam jadwal kamu

Salah satu penyebab gagalnya resolusi adalah tidak memiliki waktu yang jelas dan tepat. Tuliskanlah resolusi dengan waktu yang jelas dan masukkan ke jadwal harian. Dengan begitu, kamu memiliki acuan waktu yang jelas untuk menuntaskan semua resolusi yang sudah kamu buat.

Ceritakan resolusi kamu ke sahabat

Sebagian orang pasti sukar untuk melakukan bagian ini, namun yang harus diingat adalah manusa merupakan makhluk sosial yang memerlukan bantuan orang lain. Misalnya saja, dalam bentuk motivasi dan pengingat. Motivasi untuk mendorong kamu tetap semangat dan pengingat di saat kamu sedang lupa. Namun, jika kamu merasa bagian ini agak sulit dilakukan, kamu bisa melewati bagian ini, jangan memaksakan diri sendiri.

Berikan award ketika satu resolusi berhasil

Salah satu yang membuat kamu semakin bersemangat adalah hadiah. Berikan diri kamu hadiah ketika kamu sudah berhasil menuntaskan salah satu resolusi. Dengan begitu, menjadikan resolusi sebagai hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

jalan tol japek

Beberapa Fakta Mengenai Jalan Tol Japek II

ular kobra

Waspada Musim Tetas Ular Kobra, Kamu Mesti Tahu Cara Menanganinya