in

6 Hal yang Harus Dihindari agar Semangat di Bulan Puasa Gak Kendor

Jangan sampai puasa kendor gara-gara hal di bawah ini

semangat di bulan puasa
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Suasana di bulan puasa memang akan sangat berbeda dibandingkan bulan-bulan lainnya. Pada bulan ini umat Muslim harus berpuasa di siang hari dan beribadah di malam hari. Terkadang, godaan yang paling berat bukan datang dari menahan haus dan lapar, tetapi dari hilangnya semangat untuk melakukan kegiatan sehingga merasa sangat lemas. Buat kamu yang suka mengalaminya, Tim Ngobrolin punya beberapa tips menjaga semangat di bulan puasa, nih!

Jangan lupa berbagi

Berbagi bisa menjadi sumber semangat yang gak disadari secara langsung. Saat berbagi, kamu bisa mendapatkan suntikan semangat dari orang-orang yang merasa terbantu dari bantuan kamu, lho! Coba saja kalau tidak percaya. Apalagi, di bulan puasa, kebaikan yang kamu lakukan bisa mendapatkan ganjaran pahala yang lebih banyak dari bulan-bulan lainnya.

Jangan makan sembarangan

Pola makan kamu akan sangat memengaruhi kondisi kesehatan. Nah, biar selama puasa fisik kamu tidak sakit, kamu perlu menjaga asupan makan. Kalau fisik sudah sakit, pasti rasanya bakalan berat menjalani hari dan ujung-ujungnya semangat di bulan puasa mengendor. Konsumsi makanan bernutrisi dan jangan lupa minum air putih sebanyak yang dianjurkan biar tubuh lebih fit.

Jangan berlebihan ketika berbuka puasa

Memang saat berbuka rasanya paling nikmat langsung menyantap makanan kesukaan atau makanan yang sedang diinginkan. Namun ingat, esensi puasa bukan hanya menahan haus dan lapar, melainkan juga belajar mengendalikan hawa nafsu. Lagi pula, berbuka dengan kondisi terlalu kenyang malah bisa membuat kamu malas untuk melakukan rangkaian ibadah lainnya.

Jangan lewatkan sahur

Sahur memegang peranan penting untuk menjaga kondisi semangat kamu untuk menjalani hari-hari di bulan puasa. Makanya, jangan pernah lewatkan sahur biar tubuh gak lemas dan kamu tetap bisa bersemangat untuk menjalani aktivitas di bulan Ramadan.

Hindari gosip, emosi, dan lain-lain

Kamu pasti tahu kan kalau gosip, emosi, dan beberapa hal lainnya yang serupa dianggap bisa mengurangi nilai ibadah selama puasa. Nah, sebaiknya hindari hal-hal tersebut karena secara tidak sadar bisa menurunkan semangat kamu untuk berpuasa, lho! Kalau kamu berhasil selama satu bulan mengendalikan hal-hal tersebut, besar kemungkinan habis itu kamu bisa jadi lebih terlatih menghindari hal-hal buruk.

Jangan hanya memikirkan waktu buka puasa

Tahu gak sih kalau hanya memikirkan waktu untuk buka puasa justru malah menurunkan semangat berpuasa. Daripada sibuk melihat jam, menghitung berapa lama lagi waktu berbuka tiba, sebaiknya kamu melakukan aktivitas yang bermanfaat seperti beribadah atau menyelesaikan pekerjaan dan beristirahat agar tubuh tetap fit.

aturan larangan mudik

Rangkuman Aturan Larangan Mudik 2021

puasa di tengah pandemi

5 Manfaat Puasa di Tengah Pandemi