in

6 Keunggulan Linux yang tidak Dimiliki OS lainnya

keunggulan Linux
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Jika kamu bosan atau ingin pindah OS yang kamu gunakan saat ini, seperti Windows OS atau MacOS, Linux bisa jadi alternatif OS-mu. Ada 5 keunggulan Linux yang perlu kamu ketahui seperti berikut.

  1. OS ini gratis

Keunggulan Linux yang paling kuat dibandingkan dengan OS lainya adalah sifatnya yang open source dan itu berarti completely-free. Seluruh distro yang tersedia dapat kamu unduh dengan gratis tanpa membeli lisensinya. Ini berarti risiko OS bajakan sangat minim. Tidak hanya lisensinya yang gratis, seluruh aplikasi yang tersedia di Linux juga bisa kamu unduh tanpa membayar sepeser pun. Itu juga termasuk seluruh aplikasi berbayar pada OS lainnya.

  1. Aman dari virus

Windows OS sangat rentan terhadap serangan malware, virus, trojan dan berbagai ancaman hardware ataupun software lainya. Itu juga akan mengharuskan kamu untuk selalu mengaktifkan antivirus untuk menangani hal tersebut.

Sementara, Linux tidak memerlukan software untuk menangani hal tersebut. Sebab, sistem operasi ini tidak dijalankan penuh oleh mesin yang rawan oleh serangan hacker. Jika terdapat perubahan sistem atau pembaruan, mesin tidak menjalankannya secara otomatis, tetapi perlu persetujuan pengguna. Dengan begitu, penggunaan Linux sangat bergantung kepada penggunanya.

  1. Ringan

Jika kamu memiliki laptop dengan spesifikasi pas-pasan untuk menggunakan Windows OS sehingga membuat jalannya sistem terasa lambat, Linux sangat cocok. Banyak distro Linux yang memiliki hardware requirements yang sangat minim. Hanya dengan RAM 1 GB dan CPU hanya 1Ghz cukup untuk menjalankan distro Linux tertentu tanpa kehilangan kecepatan dan tetap full-featured. Linux juga terkenal karena konsumsi hardware yang tidak banyak.

  1. Gampang digunakan

Kini Linux telah hadir dengan tampilan yang sangat mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula. Sebab, Linux telah memiliki GUI yang modern dan telah tersedia desktop environment yang sangat keren dan mudah digunakan. Banyak distro Linux yang memiliki interface mirip Windows OS sehingga memudahkan dalam adaptasi dengan OS lamamu.

  1. Bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu

Linux, menggunakan perangkat lunak open source yang tersedia secara gratis. Linux dipersenjatai dengan paket yang mudah digunakan untuk membantu meng-instal dan uninstal aplikasi perangkat lunak yang diinginkan.

Selain itu, Linux juga dipersenjatai dengan tema desktop yang layak tentunya berjalan lebih cepat daripada Windows. Kamu akan menemukan banyak distribusi Linux yang melayani berbagai kebutuhan yang berbeda. Jadi, kamu dapat memilih untuk menginstal salah satu distro Linux yang tersedia sesuai dengan kebutuhan.

film Spider-Man: Far From Home

Film Spider-Man: Far From Home Terhubung dengan Avengers: End Game?

sponsor utama Liga 1 2019

Shopee Mau Jadi Sponsor Utama Liga 1 2019, Ini Alasannya!