in , ,

6 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Produksi ASI Lho Moms

meningkatkan produksi ASI
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Bayi usia 0—6 bulan sangat membutuhkan ASI (air susu ibu) secara eksklusif. Namun, bagaimana kalau ternyata ASI yang keluar tidak cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan si kecil? Nah, nggak usah khawatir, Moms. Ada beberapa makanan yang bisa Moms konsumsi untuk meningkatkan produksi ASI seperti berikut ini.

  1. Telur

Protein sangat penting untuk meningkatkan kualitas ASI. Sebutir telur dengan berat kurang lebih 55 gram mengandung 7 gram protein, sedangkan kebutuhan protein harian ibu menyusui adalah 70—80 gram. Nah, telur bisa bantu Moms memenuhi kebutuhan tersebut, tentunya baik juga jika dipadukan dengan jenis-jenis protein lainnya, ya, Moms.

  1. Daging Ayam

Sama seperti telur, sekitar 40 gram daging ayam juga mengandung 7 gram protein. Daging ayam yang lezat mudah didapat dan dikreasikan menjadi berbagi masakan. Tidak ada salahnya mengisi kebutuhan protein dengan mengonsumsi daging ayam.

  1. Kacang-kacangan

Kalau Moms hanya makan 40 gram daging ayam dan sebutir telur saja dalam sehari, tidak akan mencukupi kebutuhan protein harian. Oleh karena itu, diperlukan tambahan protein seperti dari kacang-kacangan. Semua jenis kacang itu baik, lho, Moms seperti kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, atau kacang kedelai.

  1. Yoghurt

Butuh camilan di sore hari? Disarankan Moms mengonsumsi yoghurt karena tidak hanya enak dan menyegarkan, tetapi juga mengandung protein yang baik untuk meningkatkan kualitas ASI.

  1. Alpukat

Selain protein, kebutuhan nutrisi lain yang tak kalah penting adalah lemak, tentu lemak yang baik. Kandungan lemak yang baik akan membuat komposisi ASI menjadi baik pula. Nah, apa saja sih contoh makanan yang mengandung lemak baik? Salah satunya adalah alpukat. Pilihan yang lezat, ya, Moms.

  1. Sayuran Hijau

Tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, sayuran hijau juga baik untuk meningkatkan kualitas ASI. Sayuran juga mengandung protein, namun jumlahnya jauh lebih kecil dibanding protein hewani. Walau begitu, sayuran tetap penting dikonsumsi ya, Moms.

bahaya pakai masker spirulina

Hati-hati, Ini Bahaya Pakai Masker Spirulina

game jadul

5 Game Jadul Ini Sekarang Ada di Android Lho, Yuk Nostalgia!