in

6 Minuman Khas Filipina ini Wajib Dicoba!

Minuman khas Filipina
Foto: instagram asianfoodninja

Ngobrolin.idMinuman khas Filipina ini wajib banget kamu coba kalau berkunjung ke negara kepulauan di utara Sulawesi ini. Nggak cuma karena rasanya yang unik, tampilannya pun sangat menarik dan cocok buat mengisi unggahan foto di media sosialmu.

Sebagai salah satu negara di Asia Tenggara, tentu rasa makanan dan minuman khas Filipina masih bisa ‘mampir’ ke lidah kita, dong. Penasaran apa aja minuman khas Filipina itu? Yuk, simak informasinya!

Halo-halo

Bisa dibilang, ini adalah minuman yang wajib banget kamu coba kalau berkunjung ke Filipina. Di Indonesia, minuman yang paling mirip dengan halo-halo adalah es campur. Arti halo-halo dalam bahasa Filipina kurang lebih adalah ‘aduk-aduk’.

Isian halo-halo ini bermacam-macam. Yang umum digunakan adalah kacang merah, kolang-kaling, nangka, agar-agar, sagu mutiara, nata de coco, ubi, leche flan, susu kental manis, dan es krim. Leche flan sendiri adalah puding khas Filipina.

Mai chon hielo

Minuman yang satu ini disebut juga dengan es jagung manis. Nama mai chon hielo merupakan bahasa Spanyol yang berarti jagung dengan es. Minuman ini terbuat dari es serut yang dicampur jagung, gula, dan susu. Biasanya, ada juga yang mengganti es serut dengan es krim berperisa jagung. Rasanya tentu lebih nendang, dong?

Para penjual mai chon hielo biasa memberikan tambahan selasih dan jeruk agar rasa minuman ini jadi lebih segar. Tertarik mencoba?

Buko pandan

Bahasa lokal Filipina, bahasa Tagalog, kata buko berarti kelapa muda. Buko pandan ini memang merupakan minuman yang berbahan dasar kelapa muda. Minuman ini memadukan serutan kelapa muda, susu kental manis, krim, keju, dan agar-agar. Agar-agar yang digunakan pun berperisa pandan agar lebih lezat.

Perpaduan rasa manis dan gurih jelas menggugah selera. Selain itu, aroma pandan yang menggoda lengkap dengan agar-agar yang kenyal bikin minuman ini juara!

Ginataan bilo-bilo

Kira-kira, dalam bahasa Filipina kata ginataan berarti makanan yang terbuat dari santan. Di negara kepulauan ini, minuman ini dibuat dari campuran ketan putih, es batu, selasih, dan santan. Penyajiannya pun sering kali tak memakai kuah, hanya diberi es saja. Rasanya? Jangan ditanya, kamu harus coba sendiri.

Ginataan mais

Bedanya ginataan mais dengan ginataan bilo-bilo adalah campuran yang digunakan. Minuman yang satu ini menggunakan jagung manis sebagai bahan utamanya. Cara penyajiannya mirip dengan ginataan bilo-bilo.

Sago’t Gulaman

Campuran cincau hitam, jus buah, dan bubble tea membuat minuman ini terasa sangat segar. Apalagi jika sago’t gulaman disajikan dalam keadaan dingin. Tambahan agar-agar, sirup buah, dan sagu mutiara bikin minuman ini makin menarik.

Biasanya, agar-agar dan sagu mutiara tersebut diberi perisa pisang. Jus buah yang digunakan pun tanpa ampas dan benar-benar cair. Rasa jus buah yang direkomendasikan adalah pisang dan lengkeng.

autisme bukan gangguan

Autisme Bukan Gangguan, Melainkan Hanya Perbedaan

Batuk pilek dan flu

Kenali Beda Batuk Pilek dan Flu