in ,

6 Souvenir Pernikahan Ramah Lingkungan

souvenir ramah lingkungan yang lagi digandrungi orang-orang

souvenir pernikahan ramah lingkungan
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Di tengah kondisi bumi yang kian menua dan usang akibat perbuatan manusia yang tidak sayang lingkungan, muncul beberapa gerakan untuk menyelamatkan bumi dari kesalahan yang sering dilakukan oleh manusia. Hal tersebut pun akhirnya menimbulkan ide untuk menciptakan souvenir pernikahan ramah lingkungan.

Souvenir pernikahan identik dikemas dengan plastik pembungkus. Souvenir pernikahan ramah lingkungan biasanya tidak menggunakan plastik sebagai kemasan. Sebagai gantinya, biasanya sovenir dibungkus dengan paper bag, totebag yang bisa dimanfaatkan lagi, atau bahan yang bisa digunakan berkali-kali. Selain itu, souvenir pernikahan ramah lingkungan juga akan mengingatkan kepada pengunjung untuk menyayangi bumi dengan menanam pohon.

Biji bunga matahari atau benih tanaman

foto: pixabay

Benih yang biasanya diberikan adalah bunga matahari yang berbentuk kuaci dan dibungkus dalam botol kaca kecil yang cantik. Souvenir ini sekilas tampak seperti gantungan kunci, tetapi kuaci yang berada di dalamnya bisa ditanam menjadi bunga matahari yang cantik.

Tumbler atau botol minum

souvenir pernikahan ramah lingkungan
foto: unsplash

Untuk mengurangi sampah botol plastik sudah banyak instansi yang menggerakkan penggunaan botol tumbler. Hal tersebut juga menginspirasi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan dengan memberikan para tamu undangan botol tumbler untuk meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai.

Tanaman hias mini

foto: unsplash

Tanaman ini sangat cantik jika dipajang di meja ruang tamu atau meja kerja. Selain indah, tanaman ini juga bisa mendukung gerakan penghijauan. Tanaman hias mini yang sering digunakan adalah kaktus mini yang mudah untuk dikemas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bonsai mini yang masih berbentuk tunas.

Sabun mandi ramah lingkungan

foto: unsplash

Salah satu yang menyebabkan pencemaran di perairan adalah sabun yang berbahan kimia. Kamu bisa memberikan sabun tanpa bahan kimia sebagai bentuk menyelamatkan kondisi perairan di lingkungan sekitar. Selain bermanfaat, bentuk sabun ini juga beragam dan sangat indah.

Totebag

foto: unsplash

Totebag menjadi salah satu benda penyelamat lingkungan yang berjasa mengurangi volume sampah plastik kresek di lingkungan. Kegunaannya pun pasti dibutuhkan oleh semua orang untuk membawa barang.

Minuman seduh

souvenir pernikahan ramah lingkungan
foto: unsplash

Minuman yang sering dijadikan souvenir adalah kopi atau teh beraroma khas dan sulit untuk ditemui. Souvenir ini bisa dikemas dalam kemasan unik seperti paper bag atau botol kaca mini.

menangis tanpa sebab

Hai Wanita, Pernah Menangis Tanpa Sebab?

manfaat kopi

Manfaat Kopi yang Jarang Disadari