in ,

6 Tips Hadapi Waktu Ujian Terbatas

tips hadapi waktu ujian terbatas
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sering kali kita mengalami kejadian kurang menyenangkan, yaitu waktu ujian terbatas padahal masih banyak soal yang belum selesai dikerjakan. Menyiasati hal itu, Ngobrolin.id bakal kasih kamu 6 tips hadapi waktu ujian terbatas!

Pertama, kerjakan soal yang menurut kamu paling mudah terlebih dahulu. Seringkali, energi dan waktu tersita di satu titik karena nggak juga keluar dari permasalahan satu soal. Padahal, ada soal-soal lain yang bisa diselesaikan lebih cepat. Oleh sebab itu, penting banget buat kamu menyelesaikan soal yang gampang dulu.

Kedua, kenali kelebihan dan kekuranganmu. Beberapa soal lebih mengandalkan kemampuan hitungan dan beberapa soal lain membutuhkan kemampuan hapalan. Jika semua soal diberikan dalam bentuk hitungan pun, pasti ada bab tertentu yang menurutmu lebih sulit dari bab lainnya, dong.

Dengan mengenali kelebihan dan kekuranganmu, kamu bisa menerapkan tips pertama, yaitu mengerjakan dari yang mudah dulu. Pilih soal yang lebih singkat memakan waktu dan nggak bikin kamu berhenti di satu titik aja.

Ketiga, masih nyambung nih sama tips pertama dan kedua. Cara ini, yaitu dengan membaca soal dan mencoba memahaminya dalam sekali atau dua kali membaca. Jika kamu langsung mengerti, berarti soal itu bisa mulai kamu kerjakan. Jika tidak, lebih baik tinggalkan dan menuju soal berikutnya.

Eits, bukan berarti kamu harus nge-skip semua soal, ya. Pahami dengan benar-benar dan teliti sebelum membuat keputusan. Ingat, waktumu sangat berharga!

Keempat, jangan fokus di satu titik! Meskipun Via Vallen berkata bahwa kita harus fokus di satu titik, peraturan ini nggak berlaku buat ujian yang cuma punya waktu singkat. Jika mengerjakan satu soal pun sangat lama dan rasanya nggak ada kemajuan, lebih baik langsung pindah soal dan cari solusinya daripada terus-terusan di nomor yang sama.

Kelima, kuasai beberapa trik menghitung. Kamu nggak perlu sejago kalkulator, kok. Cukup dengan terlatih mengerjakan soal penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian sederhana bisa ngebantu kamu banget.

Jika soal yang kamu kerjakan punya banyak rumus, usahakan kamu udah hafal di luar kepala rumus apa aja yang bisa kamu pakai. Kamu pun bisa mulai dengan mengubah rumus jadi bentuk yang lebih sederhana, memodifikasi proses perhitungan, atau cara lain biar lebih mudah.

Terakhir, baca soalnya terlebih dahulu jika kamu ingin mengerjakan soal cerita yang panjang bacaannya lebih mirip gerbong kereta. Membaca soal dulu bisa bikin kamu lebih fokus dan mengerti apa sih sebenarnya yang dicari dari bacaan tersebut.

sleep paralysis

Mengintip Mitos di Balik Sleep Paralysis

konser John Mayer

Ketinggalan Konser John Mayer di Jakarta? Masih Ada Kesempatan!