in

6 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan

rekan kerja yang menyebalkan
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Di manapun kamu berada, kamu pasti akan dihadapkan dengan orang-orang menyebalkan penyebab masalah. Tak terkecuali mungkin rekan kerja kamu sendiri. Mereka pasti akan menyulitkan karena merampas kekuatan mental kamu. Dilansir dari CNBC Make It, berikut ini beberapa taktik kuat yang digunakan untuk menghadapi rekan kerja yang menyebalkan.

rekan kerja yang menyebalkan
Foto: Google Image

1. Fokus mengendalikan diri

Mungkin kamu berharap bahwa pemimpin tim tiba-tiba menjadi lebih mendukung atau bahwa rekan kerjamu akan berhenti mengoceh dalam rapat, tetapi kamu tidak bisa mengendalikan apa yang dilakukan orang lain. Dan, angan-angan hanya akan menghabiskan waktu dan energimu sendiri.

Jadi, sementara kamu tidak bisa mengendalikan orang lain, kamu bisa mengendalikan bagaimana cara merespons mereka. Apakah kamu memutuskan bahwa pendekatan terbaik adalah angkat bicara atau lebih baik tetap diam, gunakan energimu untuk mengambil tindakan positif.

2. Menolak keinginan mengeluh

Kita semua memiliki cara sendiri melepaskan rasa frustrasi, tetapi melampiaskannya hanya membuat kamu fokus pada masalah dan mencegahmu menciptakan solusi. Berhati-hatilah untuk mengeluh kepada atasan.

Menggerutu tidak hanya menyiratkan bahwa kamu tidak memiliki kekuatan atas situasimu, tetapi juga menunjukkan kalau kamu tidak memiliki kekuatan atas sikapmu itu. Jadi, alih-alih mengeluh tentang situasi yang tidak adil, tawarkan solusi untuk masalah tersebut.

3. Terima tanggung jawab atas apa yang kamu rasakan

Mengatakan bahwa rekan kerja membuat kamu merasa buruk tentang diri sendiri atau mengklaim bahwa bos membuat kamu marah, berarti orang lain memiliki kekuasaan atas perasaanmu itu. Tidak peduli seberapa sulit rekan kerja kamu, jangan biarkan perilaku mereka mendikte emosi kamu ya.

4. Tidak membuang waktu untuk pemikiran yang tidak produktif

Pernahkah kamu pulang dari kerja dan menghabiskan sepanjang malam untuk mengulangi percakapan yang kamu lakukan dengan rekan kerja? Atau, menghabiskan setengah hari Minggu karena khawatir harus menghadapinya lagi pada Senin? Jika demikian, kamu mengizinkan rekan kerja yang menyebalkan itu untuk menyerbu waktu pribadimu.

Jika kamu mendapati diri melakukan hal ini, segera lakukan tindakan. Misalnya bersihkan rumah, hubungi teman untuk membicarakan sesuatu yang berbeda atau berjalan-jalan. Lakukan hal lain yang akan mengubah saluran di otak kamu.

5. Membangun batasan sehat

Sangat penting untuk menetapkan batasan sehat yang membuat harapanmu jelas. Jika kamu terganggu dalam rapat, katakan: “Saya sedang berbicara dan kamu menyelak. Saya akan menyelesaikan apa yang saya katakan!”

Atau, jika rekan kerja terus-menerus mendatangi kamu dengan gosip, katakan, “Ini kedengarannya seperti gosip dan saya tidak mau mendengarnya.” Orang-orang yang tidak terbiasa dengan batasan-batasan yang ditetapkan dengannya cenderung kesal. Akan tetapi, menetapkan batasan yang tegas akan menyelamatkan kamu dari stres di kemudian hari.

Martabak manis

Mengulik Asal-usul Martabak Manis

pasangan merasa dikhianati

Jangan Lakukan! 6 Hal Ini Bikin Pasangan Merasa Dikhianati