in

7 Jenis Es Krim yang Sering Ditemui, Sudah Coba?

es krim yang menghiasi manisnya hidup kamu

jenis es krim
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sensasi dingin yang diberikan serta identik dengan rasa manis membuat es krim semakin digemari. Es krim ada sejak dahulu dan sudah tersebar di segala penjuru dunia. Oleh karena itu, tak heran jika sekarang banyak jenis es krim dan berasal dari negara yang berbeda pula. Penasaran apa saja? Simak ulasan berikut.

Es krim gelato

Es krim ini datang jauh dari Benua Eropa, yakni Italia. Dalam bahasa Italia, gelato artinya beku. Banyak yang mengatakan bahwa gelato sama dengan es krim pada umumnya karena memiliki sosok yang sama, padahal gelato dan es krim berbeda.

Gelato memiliki tekstur yang lebih kental dan padat. Hal ini karena gelembung udara yang terkandung pada gelato lebih sedikit dan bahan utama dari es krim ini adalah susu dan lemak susu rendah. Selain cocok untuk dijadikan camilan di tengah cuaca terik, gelato juga cocok dijadikan sebagai camilan diet karena kandungan lemaknya yang rendah.

Sorbetes

Ketika menyebut namanya saja pasti kamu sudah terbayang akan kesegaran creamy susu berpadu dengan rasa kelapa yang gurih. Sorbetes merupakan es krim yang berasal dari Filipina dan sudah menjadi salah satu es krim yang populer sehingga keberadaannya sangat mudah ditemukan. Sorbetes biasanya dijadikan dalan wafer cone dan dijual di kedai-kedai pinggir jalan.

Dondurma

Siapa yang sering melihat video tukang es krim dari Turki yang mengerjai para pembelinya dengan berbagai trik yang mereka kuasai. Pedagang tersebut menjual es krim khas Turki, yakni dondurma. Dondurma dalam bahasa Turki artinya beku bertekstur kenyal dan elastis. Tak heran jika es krim ini bisa dibuat sebagai alat atraksi oleh pedagang es krim yang iseng.

Dondurma terbuat dari susu, tepung yang terbuat dari beberapa jenis akar tanaman (salep), gula, dan mastic (getah pohon mastic).

Ais Kacang

Ais kacang merupakan jenis es krim yang berasal dari negara tetangga Indonesia, yaitu Malaysia. Es ini merupakan kombinasi antara parutan es dan kacang merah, lalu ditambahkan juga dengan beberapa topping, seperti jagung manis, jeli, sirup, susu, dan lain-lain.

Kulfi

Es  krim ini berasal dari negara India dan Pakistan. Kulfi terbuat dari susu segar dan gula yang dijual dengan gerobak. Penyajian es krim ini terbilang sederhana, hanya menggunakan satu tangkai stik lalu diberikan taburan rempah-rempah seperti saffron, kacang pistachio, sirup, dan cardamom.

Frozen yogurt

Yogurt merupakan minuman fermentasi yang memiliki cita rasa yang masam dan segar. Di Amerika, yogurt sering dikonsumsi dalam keadaan beku dan terkadang disajikan bersama salad buah, hingga kini makanan tersebut diberi namakan frozen yogurt dan sudah sangat mendunia.

 

Stasiun Tertua Di Indonesia

Ini Dia 7 Stasiun Tertua Di Indonesia

Try Out MasukKampus

3.700 Peserta Hadiri Try Out MasukKampus di Malang