in

7 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

asupan makanan yang bisa menambah kadar darah ibu hamil

penambah darah
foto: pexels

Ngobrolin.id— Saat memasuki masa kehamilan, volume darah ibu akan meningkat 40—60 persen karena dibutuhkan untuk menyuplai makanan dan oksigen ke dalam janin melalui plasenta. Oleh karena itu, sangat disarankan mengonsumsi berbagai asupan yang mampu menjadi penambah darah untuk ibu hamil. Jika ibu hamil tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup, ibu hamil rentan terkena anemia.

Ibu hamil yang kekurangan darah akan cepat merasa lelah, sulit berkonsentrasi, dan rentan terhadap infeksi. Selain itu, ibu hamil yang kekurangan darah pun kemungkinan bisa mengalami kesulitan dalam proses persalinan. Berikut ini beberapa makanan penambah darah untuk ibu hamil.

Bayam

penambah darah
foto: pexels

Tentunya sudah bukan rahasia lagi kalau bayam mengandung zat besi yang tinggi dan sering digunakan sebagai asupan untuk meningkatkan kadar Hb. Ibu hamil yang mengalami kekurangan darah bisa mengonsumsi bayam setiap hari hingga kadar Hb-nya normal kembali. Selain zat besi, bayam pun mengandung banyak vitamin yang bagus untuk tubuh. Kandungan zat besi dalam bayam sebesar 3,8 mg.

Kacang-kacangan

foto: pexels

Kacang menjadi sumber zat besi yang lezat dan mudah untuk dikonnsumsi. Ada beberapa macam kacang yang kaya akan zat besi, seperti kacang hijau mengandung zat besi 6,7 mg zat besi, kacang kedelai kering 8 mg zat besi, kacang merah 5 mg zat besi, dan kacag kenari 7,7 mg zat besi.

Dada ayam

foto: pixabay

Daging ayam yang kerap dikonsumsi setiap hari sebenarnya juga bisa menjadi sumber zat besi meskipun kandungannya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 1,5 mg. Namun, dada ayam pun mengandung protein yang bagus untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Protein pada dada ayam lebih banyak dibanding bagian paha.

Telur ayam

foto: pexels

Bagian telur ayam yang kaya zat besi terdapat di bagian kuning telurnya yang mencapai 7,2 mg.

Udang

foto: pexels

Tak hanya makanan darat, seafood yang nikmat pun juga kaya akan zat besi. Udang mengandung zat besi hingga sebesar 8 mg.

Daging

foto: pexels

Ibu hamil bisa mengonsumsi daging sapi tanpa lemak untuk menaikkan Hb darah yang rendah. Daging sapi bisa diolah sendiri di rumah menjadi beragam jenis menu masakan.

 

 

 

 

film petualangan sherina

5 Hal yang Bikin Kangen dari Film Petualangan Sherina

menggunakan jasa ojol

Hai Wanita, Perhatikan Tips Ini agar Aman Menggunakan Jasa Ojol