in ,

7 Persiapan Sebelum Hamil yang Harus Dilakukan

persiapan sebelum hamil
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Ada banyak pasangan yang sudah menikah kemudian ingin melengkapi kebahagiaan mereka dengan kehadiran si buah hati. Bayangannya memang akan indah dan mudah saja melakukannya.Tetapi, persiapan sebelum hamil bukanlah hal yang mudah lho. Kamu sebagai calon Moms harus melakukan beberapa persiapan supaya kamu dan pasangan juga si kecil bisa menjadi keluarga yang sehat dan bahagia.

persiapan sebelum hamil
Foto: Pixabay

Apa saja sih persiapan sebelum hamil yang harus dilakukan oleh calon Moms beserta pasangan?

Berdoa

Awali dengan doa. Manusia bisa berencana namun Tuhan yang menentukan. Untuk itu, sebaiknya pasrah dan meminta yang terbaik menurut-Nya.

Bulatkan tekad

Ini penting! Buat kesepakatan dengan pasangan. Calon Moms dan pasangan harus sudah mempersiapkan psikis, fisik, dan waktu untuk menjadi orangtua mulai dari proses kehamilan 9 bulan, kelahiran, menyusui selama 2 tahun hingga metode cara membesarkan anak.

Selanjutnya adalah mempersiapkan finansial untuk menunjang kesehatan dan pendidikan anak yang tidaklah murah. O iya, yang juga perlu disiapkan adalah bersedia menerima bagaimana pun kondisi si kecil.

Kunjungan ke dokter obgyn

Selanjutnya adalah memeriksakan diri ke dokter obgyn atau kandungan. Di sini calon Moms akan diperiksa kesiapan fisik kandungan, anjuran untuk vaksin tertentu dan pemeriksaan darah.

Konsumsi multivitamin

Jika memang sedang ingin program hamil, biasanya dokter akan memberikan multivitamin yang bisa membantu tubuh mempersiapkan kehamilan. Vitamin yang diberikan adalah asam folat (B9), vitamin B6 untuk mengurangi mual dan vitamin A untuk menurunkan risiko cacat janin.

Asam folat memang diberikan sebelum adanya tanda-tanda hamil. Ini dikarenakan kebutuhan tinggi asam folat adalah saat pembentukan otak janin, yaitu di minggu-minggu awal kehamilan.

Biasakan makan sehat

Makanlah buah dan sayuran serta biji-bijian yang kaya kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan selama proses kehamilan. Hindari makan seafood yang berasal dari laut dalam seperti ikan makarel dan salmon. Sebab, ikan laut dalam mengandung banyak merkuri yang bisa memengaruhi pembentukan janin.

Jalani gaya hidup sehat

Mulailah untuk menjalani gaya hidup yang sehat. Mengurangi kafein dapat menurunkan tingkat keguguran janin. Hindari alkohol dan obat terlarang. Tembakau dalam rokok selain dapat memicu janin menjadi anak ADHD, juga dapat membuat kualitas sperma menurun pada laki-laki. Lakukan juga olahraga rutin.

Hindari infeksi

Nah, ini yang sering terlewatkan! Jika sudah hamil dan terkena infeksi, akan menimbulkan banyak keluhan. Oleh karena itu, bersihkan karang gigi sebelum hamil. Karang gigi bisa memicu adanya infeksi pada gigi. Hindari daging merah mentah untuk terhindar dari toksoplasmosis dan susu yang tidak terpasteurisasi karena susu mentah penuh dengan bakteri salmonela dan e.coli.

Jangan lupa selalu biasakan cuci makan sebelum makan dan sesudah memegang benda kotor. Dan juga, untuk sementara calon Moms jangan menggunakan krim malam dan kosmetik yang berat, ya!

kamar yang instagrammable

Begini Nih Cara Buat Kamar yang Instagramable

masa pendekatan

Ladies, Ini Dia Hal yang Sering Ditutupi Pria di Masa Pendekatan