in

7 Tahap Proses Berduka, Kenali dan Pahami

7 tahap berduka
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kehilangan sesuatu yang sangat berharga tentu akan membuat kita sedih. Secara ilmiah, kesedihan ini sangat wajar. Bahkan, ada 7 tahap berduka yang pasti dilalui semua orang ketika merasa bersedih. Yuk, kenali dan pahami supaya tidak larut dalam kesedihan yang semakin dalam.

Terkejut

Hal pertama yang akan dialami oleh seseorang ketika bersedih adalah terkejut. Misalnya saja ketika kita sedang melakukan aktivitas normal, lalu tiba-tiba mendengar kabar orang yang kita sayangi meninggal. Pasti akan merasa terkejut, bukan?!

Penyangkalan

Tahap kedua yang akan dialami ketika sedang berduka adalah penyangkalan. Menerima kenyataan memang tidak mudah. Begitu mendengat kabar duka dan terkejut, otak kita secara langsung akan berpikir ‘hal ini tidak mungkin terjadi’. Lamanya seseorang berada dalam tahap ini berbeda-beda. Rasa duka yang dialami setiap orang pun berbeda.

Marah

Setelah menyangkal, kita akan cenderung mudah menyalahkan banyak hal. Tentunya, banyak hal buruk yang terjadi di luar kendali. Segala sesuatu akan terjadi tidak sesuai rencana. Dan, marah adalah cara paling mudah untuk mengeluarkan emosi negatif. Tahap ini akan berkurang seiring berjalannya waktu. Tenang, semua akan kembali tenang.

Menawar

Sampai tahap ini, seseorang akan mulai banyak mengandai-andaikan sesuatu. Misalnya, kejadian buruk tersebut terjadi karena kita kurang persiapan saat belajar sehingga tidak lolos ujian masuk perguruan tinggi. Kita akan mulai menawar jika diberi kesempatan yang kedua, akan berusaha belajar lebih keras lagi. Fase menawar ini jadi upaya kita untuk menerima kenyataan, meskipun sulit.

Depresi

Tahap proses berduka yang berikutnya adalah depresi. Seseorang sudah mulai meninggalkan masa lalu dan mulai memahami bahwa kehidupan akan terus berjalan apa pun yang terjadi. Namun, ada ruang kosong yang masih belum bisa ditinggalkan. Depresi ini hanya sementara dan wajar terjadi, tidak ada kaitannya dengan depresi pada mental.

Pengujian

Saat mencapai tahap proses berduka yang satu ini, kita akan mulai menguji diri kita sendiri. Kita akan belajar mencari jalan keluar. Emosi pun akan terasa lebih stabil. Pikiran lebih jernih, dan pola hidup kembali bisa dijalani.

Penerimaan

Tahap ini merupakan tahap terakhir dari porses berduka. Sampai di tahap ini, berarti kita sudah benar-benar bisa menerima kenyataan yang terjadi. Rasa kehilangan akan tetap teringat, tapi hal tersebut memicu proses pendewasaan bagi diri kita sendiri. Tarik napas perlahan, dan kamu pun akan menyadari bahwa semuanya akan baik-baik saja jika dihadapi dengan kepala dingin.

cara menghilangkan kantung mata dengan bahan alami

Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Bahan Alami

kerja sampingan mahasiswa

Ini Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa